Bertemu Seyyed Ebrahim, Jokowi Teken Kerjasama Bilateral Indonesia – Iran. Ini Kesepakatan Kedua Negara!

JurnalPatroliNews – Bogor – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), bertemu dengan Seyyed Ebrahim Raisi, Presiden Republik Islam Iran, di Istana Bogor, Jawa Barat. Pertemuan itu, membuahkan 10 poin kerja sama antara kedua Negara.

Dalam kesempatan itu, kedua pemimpin Negara itu juga membahas mengenai situasi Geopolitik dunia.

“Selamat datang di Indonesia. Suatu kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan Presiden Raisi, dan tadi kita membahas mengenai situasi geopolitik dunia dan penguatan kerja sama bilateral,” ujar Jokowi saat memberikan Pernyataan Pers, di Istana Kepresidenan, Bogor, Selasa (23/5/23).

Selain pembicaraan mengenai situasi Geopolitik dunia, Jokowi memastikan, kedua Negara sepakat terus memberikan dukungan terhadap rakyat Palestina, dan mengatasi krisis di Afghanistan.

Sementara, untuk kerja sama Bilateral, Jokowi memaparkan, adanya pilot project untuk telerobotic surgery atau robot yang membantu proses pembedahan, juga kolaborasi telemedicine di 11 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Presiden dua periode itu menuturkan, ada alih teknologi dan produksi bersama dengan BUMN Indonesia, terkait kerja sama Bioteknologi dan Nanoteknologi untuk sektor kesehatan, energi, pertanian, dan lingkungan.

Komentar