BPIP Dorong Satuan Pendidikan Mampu Arusutamakan Nilai-nilai Pancasila di Era Digital

JurnalPatroliNews Semarang – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pendidian dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Kamis, (18/11/2021). Dalam kunjungannya BPIP berharap satuan pendidikan dapat menginternalisasi nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat di era digital ini.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo menegaskan peran satuan pendidikan harus mampu memiliki nilai tukar menjadi nilai tambah nilai-nilai Pancasila dalam tindakan living ideologi maupun working ideologi.

“Era digital perubahan perilaku, ilmu pengetahuan mudah didapat anak-anak semakin hari semakin instan, anak kurang kritis tidak mandiri dan anak-anak hanya manut bahaya dunia digital”, ucapnya saat menjadi narasumber pada kegiatan dialog dengan tema “Peran Satuan Pendidikan Kerjasama dalam Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila pada Masa Pandemic”.

Apalagi menurutnya saat ini manusia menjadi budak alat teknologi, manusia menjadi robot tanpa mengecek fakta dan kebenaran berita atau informasi yang ada di media sosial.

“Jangan sampai media mengendalikan anak-anak kita terutama media sosial, kemampuan daya kritis anak-anak kita menjadi turun, sehingga bahaya radikal lewat facebook, IG dengan pemanahannya tidak utuh”, jelasnya.

“Pokonya ini bahaya untuk anak-anak, pemikirannya menjadi sempit ahirnya agen provokasi mencuci otak”, sambungnya.

Teknologi adalah alat untuk digunakan mencari ilmu pengetahuan sebanyak mungkin untuk menguasai dunia untuk mencapai kemajuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Dr. Rima Agristina, S.H., ME., MM mengatakan peserta didik karus terus membangun untuk kemajuan untuk persiapan masa depan Indonesia. Sebaga calon pemimpin Indonesia mas depan harus tetap semangat mengikuti kegiatan dengan tekun, disiplin.

“Tentunya Pancasila harus dalam tindakan, perlu diperjelas bahwa tujuan mendirikan bangsa Indonesia bukan hanya merdeka tapi harus mampu memajukan kecerdasan kehidupan berbasna”, ucapnya.

Ia menegaskan satuan Pendidikan Kerjasama mempunyai tugas penting mengawal, menempuh upaya melanjutkan perjuangan bangsa menjadi cita-cita kita semua. Jiwa pancasila harus senantiasa menjadi kesadaran dalam berbagai bentuk kegiatan.

“Jangan ada keraguan untuk tetap berkonsensus terhadap Pancasila, bekerjalah dengan semangat, berkreasi dan berinovasi, jangan lupa berguru pada senior”, ucpanya.

Komentar