BRIN Adakan Mentoring Penulisan Publikasi Internasional

JurnalPatroliNews – Yogyakarta – Peneliti Pusat Riset Pendidikan Badan Riset dan Inovasi Nasional di Yogyakarta melakukan inisiasi dan menyelenggarakan kegiatan tutorial dan mentoring bagi para peneliti di lingkungan Pusat Riset Pendidikan di Co-Working Space (CWS) BRIN kawasan Mlati Yogyakarta, dipandu Dr. Janu Arlinwibowo, Peneliti Pusat Riset Pendidikan BRIN. 

Kegiatan yang dimoderatori salah satu peneliti Pusat Riset Pendidikan BRIN, Dr. Hastangka, melalui hybrid, bertujuan sebagai proses dialektika dan komunikasi riset antar peneliti untuk membangun ekosistem riset dalam meningkatkan kapasitas peneliti di Pusat Riset Pendidikan Badan Riset dan Inovasi Nasional. 

“Penelitian tentang pendidikan yang diarahkan untuk publikasi internasional dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari penentuan metodologi yang dapat dipertanggungjawabkan, isu-isu yang berdampak pada konteks global meskipun isu-isu diambil dari lokalitas, dan tema-tema riset yang berkaitan dengan focus dan scope lembaga publikasi yang dirujuk,” kata Dr Janu Arlin Wibowo dalam keterangan yang diterima Askara, Senin (18/12). 

Dr. Hastangka pada kesempatan itu, memberikan pengantar dalam kegiatan mentoring penulisan publikasi internasional selama ini yang menjadi perhatian dari peneliti ketika hendak mengkomunikasikan hasil risetnya masih mengalami kendala dan kesulitan dalam publikasinya. 

“Kesulitan dan kendala ini secara umum terjadi karena faktor internal dan eksternal untuk itu, perlu ada upaya untuk meningkatkan kapasitas peneliti dalam mengkomunikasikan hasil risetnya melalui lembaga publikasi dalam bentuk jurnal yang tepat sesuai dengan focus dan scope, dan kridibel,” kata Dr. Hastangka.

Dengan adanya kegiatan mentoring ini dapat mendorong para peneliti untuk terus menerus meningkatkan kapasitasnya dalam mengkomunikasikan hasil riset dan mempublikasikan pada jurnal internasional. 

Hasil dari mentoring Publikasi Internasional tersebut adalah diharapkan para peneliti yang telah mengikuti diharapkan para peneliti bisa lebih produktif dalam melakukan penulisan untuk artikel publikasi pada jurnal internasional selanjutnya. 

Komentar