Cukup Menggelitik Soal Ceramah Wayang, Dedi Mulyadi: Benar!! Wayang Haram Kalau Dimakan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi menanggapi pernyataan Ustaz Khalid Basalamah dalam ceramahnya beberapa waktu lalu. Dalam ceramah tersebut Ustaz Khalid Basalamah menyebutkan wayang haram karena menyimpang ajaran Islam dan lebih baik dimusnahkan.

Dedi yang juga merupakan budayawan Sunda itu ikut angkat bicara. Ia mengaku cukup tergelitik dengan pernyataan tersebut.

“Kalau saya sederhana saja. Benar itu pernyataan Pak Ustaz wayang itu haram. Betul sekali wayang kulit, wayang golek plus gamelannya haram. Haram kalau dimakan,” ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR RI itu pada Senin (14/2/2022).

Menurut Dedi, ada banyak filosofi dan pelajaran hidup yang dapat diambil dari menonton wayang. Seperti katanya, pelajaran memaknai hidup hingga soal kepemimpinan.

Ia memberi contoh dalam wayang golek ada tokoh punakawan terdiri dari Semar Badranaya, Astrajingga, Udawala dan Gareng yang kental dengan cerita pemahaman pengabdian kepada pemimpin.

“Kemudian ada kesatria yang kukuh dalam pendirian namun mati di medan perang, Raden Gatotkaca. Dan bagaimana orang yang kukuh dalam pengabdian tidak pernah berbohong, ketika sekali berbohong keretanya patah, ialah Darma Kusumah,” kata mantan Bupati Purwakarta itu.

Selanjutnya, ada juga pesan yang tersirat dari sosok Arjuna. “Ada juga tokoh yang sering kali mengalami kegundahan berpikir dan berubah-ubah karena pengaruh bisikan yaitu Arjuna. Begitu juga politik yang selalu mempengaruhi pimpinannya untuk menguasai orang lain, menginvasi orang lain, menghegemoni orang lain yaitu Sengkuni,” kata Dedi.

Komentar