Diprediksi Kasus Positif Covid-19 Melonjak 7 Ribu Orang Sehari Gegara Demo Omnibus Law

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Diprediksi akan muncul penyebaran COVID-19 melalui klaster demo. Diperkirakan lonjakan akan mencapai 7.000 orang per hari.

Ketua Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), M Adib Khumaidi berpendapat aksi demonstrasi menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja berpontensi memunculkan klaster baru. Dampaknya akan ada lonjakan kasus positif COVID-19 di Tanah Air.

Dijelaskannya potensi klaster penyebaran COVID-19 dari aksi demo karena peristiwa demonstrasi mempertemukan ribuan, bahkan puluhan ribu orang. Dan umumnya mereka tidak hanya mengabaikan jarak fisik, tapi juga tidak mengenakan masker.

“Berbagai seruan nyanyian maupun teriakan dari peserta demonstrasi tersebut tentu mengeluarkan droplet dan aerosol yang berpotensi menularkan virus terutama COVID-19,” katanya, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (9/10).

Terlebih, kemungkinan banyak peserta demo yang datang dari kota atau wilayah yang berbeda. Bahkan bukan tidak mungkin datang dari daerah terindikasi zona merah COVID-19.

“Jika terinfeksi, mereka dapat menyebarkan virus saat kembali ke komunitasnya,” ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya tidak punya kewenangan untuk menilai mengapa harus terjadi demo. Namun, sebagai tenaga kesehatan dan berada di garda terdepan penanggulangan COVID-19, IDI hanya mengingatkan potensi penyebaran virus yang mematikan tersebut.

Komentar