Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari Dukung Pemerintah Pusat Bentuk Pengadilan Tinggi di Papua Barat

JurnalPatroliNews Jakarta – Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, Papua Barat Advokat Yan Warinussy, SH mendukung langkah negara melalui pemerintah pusat Republik Indonesia hendak membentuk pengadilan tinggi di Manokwari sebagai Ibukota Provinsi Papua Barat.

“Saya mendukung langkah negara melalui pemerintah pusat Republik Indonesia hendak membentuk Pengadilan Tinggi di Manokwari sebagai Ibukota Provinsi Papua Barat. Hal ini penting, demi memperpendek rentang kendali pelayanan hukum bagi masyarakat di kawasan Kepala Burung (Vogelkop) Tanah Papua yang kini menjadi wilayah Provinsi Papua Barat,” demikian dikatakan advokat ternama Papua Barat melalui pesan elektronik, Rabu (23/6) sore.

Menurutnya, kita sangat berharap Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPRRI) di Jakarta segera mengesahkan Undang-Undang tentang Pembentukan Pengadilan Tinggi (PT) Manokwari Papua Barat. Sekaligus mengharapkan agar Pemerintah Provinsi Papua Barat juga dapat segera menyediakan lahan bagi pembangunan PT Manokwari tersebut.

Dikatakan Yan pengadaan lahan bagi pembangunan PT Manokwari kini menjadi hal urgen dan mendesak. Sebab, keberadaan PT Manokwari akan menjadi bagian penting dalam konteks penyediaan infrastruktur pengadilan negeri di wilayah yang jauh dan penting, seperti Bintuni, Wasior dan Waisai-Raja Ampat serta Teminabuan, Sorong Selatan.

“Seperti saat ini sudah disediakan lahan oleh Bupati Teluk Bintuni bagi pembangunan Kantor Pengadilan di Bintuni. Ke depan, diharapkan segera dapat dibangun pengadilan juga di Wasior, Teminabuan dan Waisai demi terlayaninya masyarakat pencari keadilan di daerah-daerah tersebut.

(frifod)

Komentar