Domain di Komisi 1 DPR, Pengamat: Segera Lantik Dewas RRI

JurnalPatroliNewsJakarta – Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) telah menetapkan lima anggota Dewan Pengawas (Dewas) Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) periode 2021-2026, Kamis (20/5) lalu. Namun, hingga kini Dewas RRI terpilih belum dilantik.

Hal ini akan berdampak langsung pada molornya periodesasi jabatan secara institusi di internal RRI. Salah satunya, pemilihan jajaran direksi yang secara jadwal harus sudah terbentuk pada 22 Juli 2021.

“Proses fit and proper test sudah dilakukan satu bulan lebih, namun pelantikan Dewas LPP RRI belum juga ada kabar beritanya,” ujar Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum LPP RRI, Nurhanuddin di Jakarta, Senin (5/7).

Menurut Nurhanuddin, hal itu akan berdampak ke internal RRI. Seharusnya, dewas yang baru sudah dilantik sehingga pada 22 Juli 2021 sudah bisa memilih dan menentukan jajaran Direksi LPP RRI yang baru.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi di Senayan. Karena domainnya memang masih ada di Komisi 1 DPR RI. Kenapa kok bisa lama seperti ini? Mungkin ada nuansa politis di sana (DPR). Tapi itu wajar karena DPR kan lembaga politik,” ulas Nurhanuddin.

Untuk itu, demi mengembalikan ke mekanisme yang semestinya, Nurhanuddin meminta Komisi 1 DPR untuk segera mengambil langkah berikutnya. “Segera Lantik Dewas sebelum 22 Juli 2021,” tegas Nurhanuddin.

Sementara itu, menanggapi berlarutnya proses pelantikan Dewas LPP RRI yang sudah terpilih sejak satu setengah bulan yang lalu, Pengamat Media dari LSM Rumah Perubahan Masduki menyatakan hal senada seperti yang disampaikan Nurhanuddin.

“Mungkin, belum ada pelantikan Dewas RRI karena setelah terpilih di Komisi 1, selanjutnya diparipurnakan di DPR sehingga dinyatakan sah oleh parlemen. Setelah itu, baru disahkan dengan mendapat SK dari presiden,” ulas Masduki.

Bisa jadi, Masduki menduga, ada juga unsur politisnya. Karena saat ini bolanya ada di DPR, jelas aroma politis itu ada. Tapi hal itu tidak boleh menjadi alasan sehingga seolah ada pembiaran atas jadwal yang terus berlarut tanpa ada kepastian. Jangan sampai, nanti Komisi 1 tercoreng dan ternoda citranya.

“Kalau menurut saya, segera diputuskan secepatnya pelantikan Dewas RRI sehingga publik tidak terus bertanya. Juga, tidak sampai mengganggu kinerja dan dinamika yang ada di internal RRI,” pungkas Masduki.

Komentar