Info Bisnis Terkini, Pakaian Bekas Impor Terbanyak dari Malaysia, Total Investasi Objek Wisata KEK Lido

JurnalPatroliNews – Jakarta – Berita terkini ekonomi dan bisnis hingga Sabtu sore, 1 April 2023 dimulai dengan Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmaja mengatakan bahwa pakaian bekas yang masuk ke Indonesia setiap tahunnya, terbanyak berasal dari Malaysia.

Kemudian informasi mengenai Kawasan Ekonomi Khusus Lido atau KEK Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Jumat, 31 Maret 2023 lalu.

Selain itu berita tentang surat terbuka berisi aduan pegawai milenial Direktorat Jenderal Bea Cukai (Ditjen Bea Cukai) di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara, sempat viral di media sosial. Berikut adalah ringkasan dari ketiga berita tersebut:

  1. Ribuan Ton Pakaian Bekas Masuk Indonesia Tiap Tahun, Asosiasi Tekstil: Paling Banyak dari Malaysia
    Jumlah pakaian bekas yang masuk ke Indonesia selama tiga tahun terakhir rata-rata di atas 20 ton. Berdasarkan data dari Trademaps, pada 2020 pakaian bekas yang diekspor ke Indonesia jumlahnya mencapai 24.040 ton. Kemudian meningkat pada 2021 menjadi 27.386 ton, lalu pada 2022 mencapai 25.808 ton.

    “Kalau kita lihat di data yang kami kumpulkan, terbanyak dari Malaysia,” kata Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmaja dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, 31 Maret 2023.

    Sepanjang tiga tahun ini, Malaysia konsisten berada di posisi tertinggi dalam catatan ekspor pakaian bekas ke Indonesia. Pada 2020, Malaysia mengeskpor sebanyak 22.842 ton. Kemudian 25.323 ton pada 2021, dan 24.544 ton pada 2022.
  2. Objek Wisata Baru KEK Lido di Bogor Telan Total Investasi Rp 32 T, Ada Apa Saja?
    Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus Lido atau KEK Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Jumat, 31 Maret 2023.

    KEK Lido diprediksi akan menjadi ikon objek wisata baru di Bogor dengan sejumlah sarana dan prasana hiburan baru Menukil laman resmi KEK Lido, objek wisata baru ini disebutkan hanya memakan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

    Untuk dapat menuju kawasan ini, wisatawan dapat menggunakan transportasi darat melalui jalan tol maupun kereta api.

    Pada lahan seluas 1.040 hektare tersebut telah direncanakan untuk dibangun menjadi lokasi wisata dengan berbagai daya tarik, mulai dari theme park kelas dunia, golf course, studio film, music & arts center, hingga retail and dining.
  3. Viral Surat Terbuka Aduan Pegawai Milenial Kualanamu, Usai Diteliti Ternyata Ini Hasilnya
    Surat terbuka berisi aduan pegawai milenial Direktorat Jenderal Bea Cukai (Ditjen Bea Cukai) di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara, sempat viral di media sosial.

    Surat sebanyak dua halaman itu mengungkap adanya potensi kerugian negara yang disebabkan oknum pegawai bea cukai selama Januari-Desember 2022.

Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan lantas mengambil tindakan. Hasilnya, Ditjen Bea Cukai tidak menemukan adanya oknum pegawai bea cukai yang dimaksud dalam surat terbuka aduan tersebut.

“Masukan mengenai Kualanamu itu kami tegaskan bahwa teman-teman langsung mendalami.

Dan dari pendalaman teman-teman kemudian tidak ditemukan pegawai di Kualanamu (yang dimaksud surat tersebut),” ujar Direktur Jenderal Bea Cukai, Askolani, dalam Media Briefing Perkembangan Isu Kemenkeu Terkini di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat pada Jumat, 31 Maret 2023 kemarin.

Komentar