Jacob Ereste: Keprihatinan Forum Negarawan Terhadap Upaya Penyelamatan Bangsa dan Negara

Jadi sungguh aneh, seperti yang mulai heboh dibicarakan banyak orang bila pada waktu dekat ini akan ada pandemi yang lebih dahsyat mengancam kehidupan manusia di bumi, terutama bagi rakyat Indonesia.

Suatu program yang dimajukan waktu penebaran pandemi terbaru itu, seperti sudah dapat dipastikan bakal terjadi pada tahun 2025. Hingga kuat diduga erat terkait dengan upaya mengatasi jumlah orang miskin. Jadi, kalau tidak bisa disingkirkan, maka orang miskin itu seakan harus dan boleh dimusnahkan saja.

Jadi cara seperti itu, dianggap pilihan terbaik guna mengurangi orang miskin untuk mengatasi beban kebutuhan hidup seperti bahan pangan yang diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia lainnya agar tidak ikut punah.

Begitulah tata kelola kehidupan di dunia ini sekarang, tandas dokter Tifauziyah. Nilai-nilai kemanusiaan tak lagi dilihat atas dasar kemanusiaan, tapi atas bilangan angka-angka dan kalkulasi materi semata. Karena itu semua adalah akibat dari pengertian dan pemahaman terhadap Pancasila yang semakin kabur hingga tak jelas implementasinya dalam berbangsa maupun bernegara.

Paparan pandangan pamungkas Forum Negarawan ditutup okeh Sri Eko Sriyanto Galgendu yang membuka cakrawala pandang yang sangat mengesankan seperti sedang menggedor langit, untuk membangkitkan segenap kekuatan bersama para leluhur demi dan untuk keselamatan bangsa dan negara Indonesia yang sedang berada dalam ancaman yang sangat mengkhawatirkan.

Komentar