Jelang Mudik Lebaran, Kapolri Beberkan Strategi Mudik Idul Fitri 2022 Bisa Berjalan Lancar, Aman, Dan Terkendali

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Persiapan pengamanan jelang mudik lebaran, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kapolri, mengungkapkan sejumlah strategi untuk melancarkan mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2022. Ia menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk memastikan faktor Keamanan dan Kesehatan masyarakat yang melakukan mudik.

“Ini tentu harus disiapkan bagaimana mudik bisa berjalan secara lancar, aman, namun di sisi lain bagaimana pandemi COVID-19 yang saat ini belum selesai bisa dikendalikan,” kata Kapolri, dalam Rapat Koordinasi lintas sektoral, Kamis (14/4/22).

Ia menyebut, dirinya menindaklanjuti Instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah menetapkan libur Nasional dan cuti bersama bagi masyarakat untuk melakukan mudik pada tahun ini. Berdasarkan survei dari Kemenhub, warga yang akan mudik pada tahun ini diperkirakan mencapai 85 juta orang.

Demi meyakinkan masyarakat memiliki kekebalan atau Imunitas terhadap COVID-19 saat mudik Lebaran, Ia meminta seluruh jajarannya di wilayah mengoptimalkan pelaksanaan akselerasi percepatan vaksinasi Booster.

“Pak Presiden memerintahkan untuk memberikan bekal Imunitas terhadap masyarakat yang mudik dengan berbagai macam strategi vaksinasi khususnya di wilayah Jabodetabek. Harapan kita untuk vaksinasi booster ini sampai tanggal 25 April bisa sampai 50 persen. Kita masih punya waktu 12 hari. Sehingga saya harapkan bagaimana kemudian rekan-rekan melakukan strategi-strategi yang saat ini menjadi favorit masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya, Kapolri menambahkan, bahwa dalam memastikan keamanan dan kesehatan masyarakat saat mudik, kepolisian akan mendirikan tiga pos, yakni pengamanan, pelayanan, dan terpadu. Selain memastikan keamanan, pos tersebut bertugas melakukan skrining kepada para pemudik yang belum mendapatkan kelengkapan vaksin.

Komentar