Jokowi Sandingkan Covid-19 Dengan Disrupsi Teknologi, Seram..

  • Whatsapp
Foto: Pernyataan Presiden Jokowi tentang Perkembangan Terkini PPKM Darurat, Istana Merdeka, 25 Juli 2021. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

JurnalPatroliNews – Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganggap pandemi Covid-19 bagian dari rangkaian serial disrupsi, menambah disrupsi yang sebelumnya dipicu oleh revolusi industri 4.0.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Konferensi Forum Indonesia secara virtual. Video tersebut diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (27/7/2021).

BACA JUGA :

“Pandemi Covid-19 merupakan rangkaian serial disrupsi,” kata Jokowi.

Jokowi mengemukakan dalam beberapa tahun terakhir terjadi perubahan lanskap sosial budaya, lanskap ekonomi maupun politik akibat revolusi industri 4.0. Situasi ini pun memang tak terhindarkan.

Mulai dari kehadiran teknologi cloud, computing, internet of things, artificial intelligence (AI), big data analytic, advance robotic, hingga virtual reality telah membawa berbagai macam perubahan di segala bidang.

“Kita harus akui teknologi telah menjadi master disrupsi. Perdagangan bergeser menjadi e-commerce, perbankan telah didisrupsi oleh hadirnya fintech dan berbagai macam e-payment, dunia kedokteran dan farmasi semakin terdisrupsi oleh health tech,” kataya.

“Profesional hulum juga mulai diguncang oleh rec tech, dan dunia pendidikan telah terdisrupsi besar-besaran oleh edu tech,” jelas eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Maka dari itu, Jokowi berpesan kepada seluruh perguruan tinggi untuk memperkuat posisinya sebagai institusi yang bisa menghadirkan edu tech. Menurutnya, perguruan tinggi kini harus beradaptasi dengan perubahan zaman.

“Teknologi paling dasar adalah pembelajaran memanfaatkan teknologi digital. Digital learning bukan hanya digunakan untuk fasilitasi pelajaran oleh dosen internal kampus kepada mahasiswa, yang juga penting fasilitasi mahasiswa belajar,” jelasnya.

(cnbc)

Pos terkait