Kepala BPIP: Kyai Adalah Simbol Kepahlawanan Karena Memperjuangkan Agama dan Negara

JurnalpatroliNews – Malang,- Kepala BPIP RI mengatakan bahwa Kyai adalah simbol kepahlawanan karena memperjuangkan agama dan negara. Hal tersebut ditegaskannya dalam acara Strategic Discussion yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Malang dengan mengusung tema “Penguatan Ideologi Pancasila dqn Deradikalisasi”, Rabu (27/10).

Hal itu dilatarbelakangi oleh sejarah kemerdekaan Republik Indonesia, bagaimana nasionalisme di Indonesia mampu menyatukan seluruh umat muslim melalui peran Kyai-kyai.

Selain itu, ada juga peran dari Raja-raja lokal yang secara sukarela menyerahkan kekuasaannya kepada negara. “Belum pernah terjadi dalam sejarah juga bahwa raja-raja dan penguasa lokal menyerahkan konsekuensi kekuaasaan konstitusionalnya kepada negara yang baru terbentuk kecuali di Indonesia”, imbuh Profesor Yudian.

Oleh karena itu, ia menegaskan jangan sampai ada yang berusaha mengubah negara Pancasila karena itu merupakan buah kesepakatan bersama dan selama ada negara Indonesia maka disitulah Pancasila dijunjung.

Komentar