Ketua Dewan Pers Prof. Dr. Azyumardi Azra : SMSI Kembangkan Jurnalisme Pancasila

JurnalPatroliNews – Jakarta –Ketua Dewan Pers Prof. Dr. Azyumardi Azra mengajak para pimpinan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk mengembangkan jurnalisme Pancasila.

“Pers sangat berperan penting dalam menumbuhkan optimisme masyarakat, juga mendorong persatuan dan mendamaikan bangsa,” kata Azyumardi Azra, cendekiawan muslim yang terpilih menjadi Ketua Dewan Pers periode 2022-2025.

Dalam pernyataannya sebagai pembicara kunci Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Markas Besar Angkatan Darat RI, Jalan Juanda – Jakarta Kamis, 21 Juli 2022, Azyumardi Azra menekankan pentingnya jurnalisme yang berbasis Pancasila.

“Jurnalisme berketuhanan menumbuhkan persaudaraan dan toleransi sehingga berita-berita yang disajikan selalu berpijak pada kebenaran,” ucapnya.

Media siber, lanjut Azyumardi Azra, dapat menjangkau orang dan dapat mengajak warga berpartisipasi yang bermakna untuk mewujudkan democracy deliberative.

“Rakyat Indonesia harus bersyukur memiliki Pancasila yang kemudian menjadi penyelamat dari kehancuran, sebagaimana yang dialami oleh negara-negara muslim di Timur Tengah,” ucap Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Komentar