Lepas Ribuan Peserta Program Mudik Gratis Polri 2022 di GBK, Kapolri: Jangan Ngebut, Terapkan Prokes Dan Selamat Sampai Tujuan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Meninjau Persiapan Mudik Hari Raya Idul Fitri Atau Lebaran 2022.

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Ribuan peserta program mudik gratis Polri di Gelora Bung Karno (GBK), dilepas Jendral Listyo Sigit Prabowo, Kapolri, Jumat, (29/4/22). Hari ini merupakan pemberangkatan kloter terakhir, setelah kloter sebelumnya berangkat pada 26 dan 27 April lalu.

Kapolri, didampingi Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, dan Irjen Fadil Imran, Kapolda Metro Jaya, saat melepas para pemudik. Setidaknya, ada 200 bus telah disiapkan Polri, untuk kegiatan program mudik gratis ini.

Bacaan Lainnya

Jendral Listyo mengatakan, program mudik gratis ini bertujuan untuk meminimalisir kepadatan kendaraan, juga menekan angka kecelakaan pada arus mudik lebaran tahun ini.

“Jumlah pemudik saat ini 11 ribu lebih. Prediksi arus mudik tahun ini memang dilihat ada peningkatan khususnya dibanding 2020 dan 2021,” ujarnya, Jumat (29/4/22) siang.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menunjukan adanya lonjakan mudik tahun ini, dengan demikian, Polri berupaya menekan lonjakan kendaraan pemudik melalui program mudik gratis.

“Menhub sampaikan ada 83 juta atau 85 juta orang yang akan mudik, di mana 23 juta pemudik pakai kendaraan mobil dan 17 juta sepeda motor,” jelasnya.

Ia pun menanggapi kepadatan di jalan tol pada arus mudik Lebaran 2022, Polri telah menyarankan agar masyarakat mudik jauh hari, sebelum puncak arus mudik yang terjadi tadi malam.

Pos terkait