Mahfud MD soal PON XX Papua: Tidak Seram, Penuh Kedamaian

Mahfud MD ungkap kondisi PON Papua. (Rusman-Biro Pers)

JurnalPatroliNews – Jakarta, Menteri Koordinator bidang Politik dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengklaim pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX di Papua akan penuh kedamaian dan tidak menakutkan. Menurutnya, dari keamanan pelaksanaan PON XX dilakukan secara berlapis.

Hal ini Mahfud sampaikan setelah meninjau keamanan, pemantauan akhir di stadion Lucas Enembe Kabupaten Jayapura,dan menyaksikan gladi resik pembukaan PON XX bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kamis (30/9).

Bacaan Lainnya

“Insya Allah dari sudut keamanan semuanya sudah diantisipasi secara berlapis, tapi penuh kedamaian tidak menakutkan. Tidak seram gitu, karena ini pesta olahraga,” kata Mahfud dalam keterangan resmi, Jumat (1/10).

Mahfud mengaku tidak hanya menerima laporan terkait keamanan pelaksanaan PON. Pihaknya meninjau lokasi pelaksanaan gelaran olahraga tahunan itu secara langsung yang sudah berjalan selama beberapa hari terakhir. Menurutnya, keamanan PON XX berlangsung baik dan acara yang berjalan juga memadai.

Kata Mahfud, berdasarkan informasi dari Polda dan Pangdam setempat, sudah banyak kontingen yang mulai bertanding sejak 22 September. Sejauh ini, pertandingan tersebut berlangsung lancar.

“Semua berjalan baik dan Insya Allah akan tetap baik, itu kalau dari sudut keamanan,” tuturnya.

Mahfud mengimbau agar masyarakat mendukung pelaksanaan PON XX. Ia juga meminta aparat bekerja dengan maksimal agar pembukaan PON yang bakal dihadiri Presiden Joko Widodo bisa berjalan lancar.

“Saya mengimbau masyarakat mendukung acara ini, aparat TNI Polri, Pemda, supaya semuanya bekerja dengan sebaik-baiknya,” ujar Mahfud.

Sebelumnya, Mahfud juga telah melakukan pemantauan keamanan dan pelaksanaan penerapan protokol kesehatan di beberapa area yang digunakan untuk pelaksanaan PON XX Papua pada 11 September.

Pihaknya juga melakukan briefing dengan TNI-Polri di Resimen Induk Kodam XVII Cendrawasih yang juga dihadiri Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Adapun Presiden Jokowi dijadwalkan akan tiba di Jayapura pada hari ini, Jumat (1/10) sore. Jokowi disebut tidak hanya akan membuka pelaksanaan PON XX dan Peparnas secara resmi. Mantan Wali Kota Solo itu juga bakal memantau pos perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini di Distrik Sota.

(cnn)

Pos terkait