Menaburkan Kedamaian di Tengah Perbedaan 1 Syawal

Peran Majelis Ulama Indonesia (MUI) belum mampu menjadi penyebar keberagaman sikap dari umat, sehingga subyektifitas yang muncul ke permukaan sulit dikendalikan. Apalagi, di kepengurusan MUI sendiri berasal dari berbagai unsur ormas keagamaan yang mempunyai misi dan visi, bukan menjadi pelopor pioner keberagamaan.

Bila kita sebagai hambaNya yang beriman, selayaknya usai mendengar, menelaah, dan mengkaji panggilan Allah SWT tentang Ramadan dengan tujuan menjadi umat yang bertakwa, tentu mempunyai konsekswensi yang ideal dalam bersikap, berhujjah, dan bertindak.
Rumusan sederhana, yaitu tetap mematuhi dan taat kepada Allah, Rasululllah supaya kita menjadi hambaNya yang beruntung? Lantas siapa saja yang masuk kategori beruntung? Yaitu hamba Allah yang segera muhasabah, intropeksi, serta memohon maaf terhadap Sang Sutradara Agung Pengatur alam semesta yang menciptakan bumi dan seisinya diperuntukkan bagi manusia yang bertakwa (sesuai tujuan puasa Ramadan).

Yaitu, orang-orang yang derma dan cepat tanggap menafkahkan hartanya dalam keadaan lapang atau sempit, tidak gampang terpengaruh dan cepat marah menghadapi berbagai-bagai persoalan dan ujian, serta manusia yang memiliki jiwa pemaaf. Dan, yakinlah terhadap apa yang kita lakukkan untuk kemaslahatan, karena Allah SWT menyukai hambaNya yang berbuat kebajikan.

Maka, sikap apapun yang kita ambil bukan menjadi kesimpulan terhadap kebenaran terhadap apa yang telah kita lakukan, namun semata-mata memburu Rahmat dan RidloNya semata. Terlebih lagi, ada ruang begitu luas untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai luhur, yaitu Islam sebagai Rahmatan lil ‘alamiin dengan penuh kedamaian.

Bagi yang menjalankan Salat Idul Fitri hari Jumat tetap khusuk dalam beribadah dan bisa menahan diri untuk menunggu saudaranya yang masih menjalankan puasa. Ketika, melaksanakan salat dengan tujuan untuk show of force bahwa yang menjalankan puasa gugur atau batal karena sudah terdengar takbir, maka tujuan dari Ramadan Kariim, Ramadan Mubarok, dan bulan yang penuh kebaikan dan bertabur kebaikan belum menyeruak ke dalam hati kita.

Terakhir, mari bersama memohon kepada Allah SWT, semoga amaliyah puasa Ramadan kita menjadi pembuka Rahmat Allah SWT, mengampuni segala dosa-dosa kita dan kita diberikan kekuatan untuk bisa bertemu dengan bulan suci Ramadan di tahun mendatang, serta termaafkan segala perilaku haqqul adami dengan memohon maaf sesama yang menjadikan kita selalu dalam kedamaian serta ketentraman.

Taqobballahu minna waminkum taqobbal ya kariim. Minal Aizin wal Faizin wal maqbulin. Semoga Allah menerima ibadahku dan ibadah kalian. Dengan hati yang tulus, Mohon maaf lahir dan batin. Selamat hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H.

Komentar