Mungkinkah Robot Akan Menggantikan Manusia di IKN? Ini Kata Kepala Otorita

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Mengikuti kemajuan jaman, Teknologi canggih akan menjadi salah satu konsentrasi utama di Ibu Kota Nusantara (IKN). Tak hanya membuat kota berbasis Smart City Nusantara juga akan membangun Rumah Teknologi.

Bambang Suhartono, Kepala Otorita IKN, menjelaskan, Rumah Teknologi ini nantinya menjadi pusat teknologi yang dikembangkan di sana. Misalnya adalah teknologi Robotik.

Ia menyebut, belum diputuskan apakah robot akan digunakan dalam IKN. Namun ia meyakini, robot bisa bermanfaat sebagai alat bantu.

Robotik kalau mengunjungi rumah teknologi ada robot lalu lalang. apakah akan menggunakannya ke depan, kita belum memutuskan,” jelasnya, Selasa (30/1/24).

Sebagai contoh, katanya, robot untuk menyapu. Bentuknya pun tak selalu mirip orang, tapi bisa berbentuk alat bersih.

“Enggak ada orang nyapu tapi robot. Enggak bentuk orang,” kata Bambang.

Ia juga berharap, di IKN, orang-orang dapat hidup dengan sesuatu yang benar-benar baru. Mulai dari gaya hidup, cara kerja, dan belajar yang baru.

“Smart living, cara kerja baru, cara belajar baru dan lifestyle,” ujarnya.

Selain itu, IKN juga akan diisi beberapa teknologi canggih lainnya. seperti smart pole, yakni lampu jalan yang memiliki banyak fungsi.

Drone dan CCTV untuk memonitor, juga akan mewarnai Nusantara. Artificial Intelligence (AI), akan dimanfaatkan sebagai bentuk analisis Teknologi masa depan.

“Misalnya Smart Pole, bukan hanya tiang lampu tapi berfungsi sebagai alat untuk melakukan intelligent transport system. Bisa berkomunikasi dengan kendaraan yang masuk, memberikan informasi,” pungkasnya.

Komentar