Perempuan Ini Jadi Capres Pilihan Buruh, Tak Ada Nama Prabowo, Ini Kata Said Iqbal

JurnalPatroliNews – Jakarta – Organisasi buruh di bawah kendali Partai Buruh sudah memiliki 4 capres pilihan yang diumumkan pada Rakernas Januari 2023 lalu. Namun tak ada nama Prabowo Subianto pada daftar capres pilihan buruh.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sekaligus Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengungkapkan keempat nama tersebut adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Najwa Shihab, dan dirinya sendiri.

Dari keempat capres tersebut, mayoritas anggota Partai Buruh memilih Ganjar Pranowo.
Namun Said mengungkapkan Partai Buruh belum mengumumkan siapa capres yang akan didukung. Hal ini karena masih ada tahapan lainnya seperti penentuan suara di tingkat exco pusat dan provinsi.

“Ada 4 nama capres dan cawapres dari rakernas Partai Buruh. Ada 3 tahap sebelum memutuskan siapa yang akan didukung partai ini,” ungkap Said Iqbal saat dikonfirmasi, Rabu (3/05/2023).

Meskipun belum final mendukung Ganjar, Said Iqbal berseloroh bahwa dia telah ‘diserang’ oleh kelompok pendukung Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Kedua nama tersebut juga mengajukan diri sebagai capres.

“Kemarin kami mendukung Prabowo, kami dipuji-puji pendukungnya. Lalu kami mendukung Anies, kami dipuji-puji pendukungnya. Hari ini baru mendukung Ganjar, kelompok Anies dan Prabowo menyerang kami. Saya tidak suka,” tegasnya.

Said Iqbal menegaskan bahwa Partai Buruh mendukung capres dan cawapres secara personal. Maksudnya, Partai Buruh tidak mau dilibatkan untuk menjadi koalisi dengan partai lain, apalagi partai yang mendukung disetujuinya Undang Undang Cipta Kerja Omnibus Law.

“Partai Buruh tidak akan masuk di tim sukses resmi yang terdaftar di KPU tapi Partai Buruh akan membentuk sendiri tim kemenangan capres yang didukung Partai Buruh. Clear saya rasa,” sebutnya.

Berbeda dengan Said Iqbal, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea sudah bulat mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres.

“Saya harus berterus terang sebagian konfederasi buruh terbesar di Indonesia akan all out mendukung Pak Ganjar Pranowo. Sekali lagi akan all out mendukung Ganjar Pranowo.

Kenapa? Alasannya sangat kuat, karena Pak Ganjar lah pemimpin di daerah yang waktu itu saat memimpin Jateng sampai hari ini berani menemui buruh.

berani mendengarkan aspirasi buruh bukan di dalam ruangan, langsung turun di jalan, berani berdialog, berani bertanya itu yang kita butuhkan untuk pemimpin masa depan Indonesia,” kata Andi Gani kepada wartawan di Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (1/5/2023)

Sementara itu, untuk calon wakil presiden sudah ada sederet nama hasil Rakernas seperti Ketua Umum Kadin Arsyad Rasyid, Said Iqbal, Mahfud MD, kemudian Najwa Shihab.

Komentar