Polda Riau OTT Pungli Kadinkes Kampar dan Kepala Puskesmas, Sita Uang Rp 85 Juta

JurnalPatroliNews -Jakarta – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Riau, dr Zulhendra Das’at dan Kepala Puskesmas Sibiruang, MR, terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Jumat (12/5) malam tadi.

“Kedua pelaku diduga melakukan tindak pidana atau penyalahgunaan wewenang dalam jabatan yaitu pungli terhadap beberapa Kepala Puskesmas Kampar,” kata Dirkrimsus Polda Riau, Kombes Pol Teguh Widodo, Sabtu (13/5).

Awalnya, Tim Subdit 3 Tipidkor mendapat laporan dari masyarakat bahwa ada pungutan liar terhadap Kepala Puskesmas di daerah Kampar.

“Berdasarkan info tersebut, tim berangkat ke TKP untuk mengecek kebenarannya, dari hasil pemantauan tersebut, diketahui bahwa pungli tersebut sedang berlangsung yang mana pungli tersebut di koordinir oleh MR,” ujarnya.

Setelah uang diterima, MR berangkat ke rumah Kadis Kesehatan Kampar untuk menyerahkan uang tersebut, dan langsung diamankan oleh polisi.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, inisiatif pengumpulan uang yang dipungut kepada para Kepala Puskesmas dilakukan oleh Kadis Kesehatan,” ungkapnya.

Adapun jumlah yang dikumpulkan dari setiap Kepala Puskesmas bervariasi, ada yang Rp 10 juta dan Rp 5 juta.

“Adapun tujuan pengumpulan uang tersebut, untuk mengurus perkara korupsi yang sedang berjalan di Ditreskrimsus Polda Riau,” jelasnya.

Polisi juga menyita uang tunai Rp 85 juta, bukti transferan, dan dua unit handphone.

“Saat ini, kedua pelaku sudah berada di Polda Riau, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,” pungkasnya.

Komentar