Polri Siapkan Satgas Nusantara, Cegah Hoax di Pemilu 2024

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri (Foto: ANTARA)

JurnalPatroliNews – Jakarta – Mabes Polri bakal membentuk satgas khusus bernama Satgas Nusantara guna pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Satgas ini bertujuan mencegah terjadinya polarisasi hingga pemberantasan hoaks terkait Pemilu 2024.

“Berangkat dari pengalaman Pemilu 2019, tentunya kita tidak bisa menghindari polarisasi, politik identitas, hoaks, ujaran kebencian, itu tidak bisa kita hindari. Polri sudah menyiapkan Satgas Nusantara, sebagai bentuk cooling system,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat ditemui di kawasan Mabes Polri, Minggu (19/6/2022).

Bacaan Lainnya

Selain itu, lanjut Dedi, Satgas tersebut nantinya akan memberikan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat. Satgas itu akan menegur konten-konten media sosial yang bersifat polarisasi dan hoaks.

“Kemudian berkolaborasi juga melakukan kegiatan literasi, sosialisasi, dan pengingat apabila ada masyarakat atau kelompok tertentu yang menyebarkan, memviralkan konten-konten yang bersifat polarisasi, politik identitas, hoaks, akan kita ingatkan,” jelasnya.

Dedi melanjutkan, nantinya Satgas itu akan memperingatkan masyarakat sebanyak dua kali. Jika masih kedapatan, dia menegaskan akan melakukan upaya hukum.

“Apabila diingatkan, sekali, dua kali masih melakukan tindakan yang sama, maka upaya penegakan hukum harus dilakukan, agar tidak terjadi lagi kegiatan seperti itu. Pak Kapolri selalu mengingatkan mari kita menjaga persatuan dan kesatuan, merawat kebinekaan dalam bingkai NKRI,” kata Dedi.

Satgas Nusantara, kata, akan diluncurkan bersamaan dengan Operasi Mantap Brata dalam rangka pengamanan Pemilu 2024. Targetnya, Operasi Mantap Brata akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Ini masih kita godok terus, berapa kekuatan, kemudian ancaman apa saja yang dimungkinkan akan terjadi, berapa sarana prasarana yang digunakan,” jelasnya.

“Insyaallah dalam waktu dekat akan disampaikan bahwa operasi Mantap Brata di seluruh Indonesia,” sambungnya.

Pos terkait