Publik Penasaran! Arti Dibalik Kode ‘Musang King’ yang Dipakai Wali Kota Bandung Tutupi Kasus Korupsi

JurnalPatroliNews – Jakarta – Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang kedapatan terlibat dalam dugaan kasus korupsi Bandung Smart City memakai sebuah kode rahasia untuk menutupi aksi nakalnya tersebut.Diketahui bahwa Yana memakai kode ‘Musang King‘ yang sepertinya digunakan untuk merujuk sesuatu terkait dengan aksi korupsinya.

Kode yang diambil dari nama durian termahal di dunia tersebut sontak berhasil membuat publik garuk-garuk kepala gegara penasaran dengan apa yang sebenarnya dimaksudkan oleh Yana Mulyana.Menggali arti kode ‘Musang King’ yang dipakai oleh Yana Mulyana

Adapun Yana Mulyana sempat mengucapkan ‘mengantar Musang King’ ke tersangka lain dalam kasus korupsi pengadaan CCTV dan perangkat jejaring internet dalam proyek Bandung Smart City.

Disinyalir kuat bahwa ‘Musang King’ digunakan Yana untuk merujuk ke uang jutaan atau miliaran Rupiah yang merupakan uang suap pengadaan jaringan internet dan CCTV.

Tak aneh jika Yana menggunakan istilah tersebut, sebab Musang King adalah salah satu varietas durian termahal di dunia. Adapun ‘Musang King’ diduga digunakan untuk kode yang merujuk uang suap senilai sekitar Rp 924,6 juta.

Mengenal makna di balik Musang King

Musang King merupakan durian yang langka dan dicari-cari oleh para pencinta durian. Laman Wilujeng Tani menjelaskan bahwa pohon induk varietas durian ini hanya dapat ditemukan di Gua Musang di Kelantan, Malaysia.

Durian jenis Musang King juga menyandang nomor D-197 lantaran didaftarkan oleh Kementerian Pertanian Malaysia sebagai varietas durian ke-197 yang diresmikan oleh Kerajaan Malaysia.

Pohon Musang King juga baru dapat berbuah usai ditanam 4-5 tahun dari awal penanaman.

Mengutip laman Guide Michelin, durian ini sebelumnya dinamakan Raja Kunyit usai resmi dipatenkan oleh seorang pembudidaya durian bernama Wee Chong Beng pada 1993 silam.

Daging buah durian ini memiliki warna kuning keemasan seperti isi ekstrak buah kunyit. Daging Musang King juga sangat lembut dan padat, serta memiliki aroma khas yang kuat nan manis.

Tak heran jika durian ini menyandang predikat sebagai salah satu durian termewah di dunia.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana kena OTT KPK

Keterlibatan Yana di pusaran korupsi Bandung Smart City hingga pemakaian istilah Musang King terekspos oleh KPK melalui operasi tangkap tangan alias OTT.

Yana resmi diringkus pada Jumat (14/4/2023).

“Beberapa orang yang ditangkap, di antaranya benar Wali Kota Bandung,” jelas Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Sabtu (15/4/2023).

Komentar