Soal Angka Kematian Covid-19, Anies Baswedan: Kami Tidak Pernah Kurangi atau Ubah Data

JurnalPatroliNews Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan, tak pernah mengurangi atau menambahkan data kematian akibat Covid-19. Anies mengaku, data kematian yang disampaikan apa adanya.

“Terkait kematian. Kami di DKI Jakarta tidak pernah mengurangi atau mengubah data-data. Kematian selama pademi selalu dilaporkan apa adanya,” tulis Anies, di akun Instagram-nya, Jumat (13/8).

Dijelaskan Anies, data kematian akibat Covid-19 itu diungkapkan berdasarkan kriteria Kementerian Kesehatan maupun berdasarkan protokol pemakaman Covid-19.

Anies melanjutkan, badan kesehatan dunia atau WHO mengimbau agar semua data kematian maupun sembuh dicatat dan dilaporkan.

“Bahkan sejak awal pandemi, ketika masih ada keterbatasan kewenangan dan kapasitas testing, untuk mendeteksi adanya wabah, kami menggunakan data pelayanan pemakaman agar bisa mendeteksi bahwa wabah telah masuk dari luar negeri ke Ibu Kota,” ujar Anies.

Anies menekankan, pihaknya tak sembarang dalam menangani suatu masalah. Dia mengatakan, setiap masalah termasuk Covid-19 diselesaikan menggunakan ilmu pengetahuan berbasis data akurat dan transparansi.

“Prinsip kami di DKI Jakarta dalam menangani semua masalah, termasuk Covid-19, menggunakan ilmu pengetahuan, menggunakan data yang benar dan akurat, serta transparansi data,” pungkasnya.

Komentar