Sosialisasi Pedoman Penilaian Dewan Juri FFWI 2023

Tidak Kepala Kosong

Sedangkan  Susi Ivaty menerangkan,  untuk menjadi Juri yang menilai film, harus tidak dengan kepala kosong.  Dengan begitu, kata Susi, seorang juri bisa mengajukan argumen mengapa dia memilih suatu film untuk dinilai bagus atau tidak.

“Seorang juri harus mampu memaparkan dan berargumentasi  tentang defenisi sebuah film  yang baik atau buruk. Dan pada akhirnya, bisa menyimpulkan definisi itu sangat dinamis dan berspektrum!”kata Susi.

Susi menambahkan,  berdebat dan mengadu argumentasi dalam menilai film sangat bagus dan harus menjadi tradisi yang dipertahankan dalam penyelenggaraan FFWI.

Dalam pandangan Susi,  dalam beradu argumen itu harus dilandaskan pada pengetahuan film yang mumpuni, meski tidak sempurna. Karena dalam menilai film,  setiap orang memiliki sudut pandang sendiri,  tetapi mempunyai alasan yang secara teknis bisa diterima.

Bagi Susi yang tak kalah penting, seorang juri wajib mengetahui budaya dan adab suatu daerah atau komunitas. Meski itupun tidak harus ahli.

Susi  mengingatkan, penempatan soal budaya ini  terlihat kuat dalam film-film  Korea maupun Hollywood.

“Film mereka sukses terletak pada apa sih? Saya kira terletak pada kultur yang membungkusnya, ada bahasa, ada gerak, ada music Sehingga sebenarnya, membaca film adalah membaca budaya!” tandas Susi.

Dalam pada itu, Rita Sri Hastuti Wartawan Senior Anggota LSF, menyebut  harus disepakati bersama, penilaian sebuah film jangan hanya dari rasa saja. 

Rita menguraikan, kalau di genre drama, apakah cerita bisa menyentuh keharuan?  Tetapi keharuan itu bukan cengeng. Lantas untuk  genre Laga, Action dan  Horor adegan dan cerita dan dilihat masuk akal atau tidak. “Semua itu bisa jadi bahan penilaian yang didiskusikan  bersama,”ujarnya.

Di bawah koordinasi Kemendikbudristek  panitia FFWI 2023 sudah mulai bekerja  dengan menyusun daftar film-film  yang tayang di bioskop  dan OTT mulai 1 Oktober 2022-30 September 2023.

Narahubung : Nini Sunny (0818924720)  Didang Pradjasasmita  (08176614974)

Komentar