Terkait Isu Harga Gas LPG 3 kg Akan Naik,Pertamina Klaim Tidak Ada Perubahan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Beredar rumor harga gas LPG 3 kilogram akan naik besok. Hal ini berdasarkan keterangan beberapa pedagang gas di wilayah Jakarta.

Terkait rumor ini, PT Pertamina Persero langsung membantahnya. Pertamina menegaskan tidak ada perubahan atau kenaikan harga.

“Kalau harga dari Pertamina tidak ada perubahan,” kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting (1/10/2022).

Irto menambahkan, penentuan Harga Eceran Tertinggi (HET) menjadi kewenangan pemerintah daerah. “Kalau penentuan Harga Eceran Tertinggi merupakan kewenangan Pemerintah Daerah,” sambungnya.

Sebelumnya, tim detikcom telah mendatangi 3 pemilik warung yang menjual gas LPG 3 kilogram di wilayah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Dua dari tiga pedagang membenarkan rumor tersebut.

“Kabarnya sih besok naik, ini juga dapat info dari agen. Makanya buru-buru aja stok gas,” kata salah satu pedagang Sabtu (10/1/2022).

Pedagang tersebut bahkan mendapat info jika kenaikan harga LPG 3 kilogram adalah Rp 2.000. Namun, pedagang yang memiliki puluhan tabung gas LPG 3 kilogram ini belum bisa memastikan kebenarannya.

Pedagang lain juga mengkonfirmasi info ini. Ia menyebut sudah mendapat info harga gas LPG 3 kilogram akan naik. Namun terkait nominal dan kapan kenaikan terjadi, ia kurang begitu tahu.

“Iya memang kabarnya bakal naik, dapat kabar dari agen yang di Buncit situ. Ini sih katanya yang naik yang gas yang subsidi,” terangnya.

“Harusnya sih nggak (naik). Mana ada gas mau dinaikkin,” katanya

Komentar