Tetap Magnet bagi Investor, Meski Jakarta Bakal Lepas Status Ibu Kota

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kota Jakarta memiliki tantangan yang tidak mudah selepas tak lagi menyandang status ibu kota negara. Status itu, akan lepas jika Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tuntas dibangun di Kalimantan Timur.

Meski bakal melepas status ibu kota, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono optimis Jakarta akan tetap menjadi magnet bagi investor.

“Pertumbuhan Kota Jakarta masih sebagai sentra bagi para investor meskipun Ibu Kota akan berpindah ke IKN,” kata Heru seperti dikutip redaksi, Jumat (17/3).Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) itu memprediksi hingga 20 tahun ke depan, Jakarta tetap akan menjadi titik pertumbuhan di Indonesia.

“Maka wajar kalau saya sampaikan sukses Jakarta untuk Indonesia,” ungkapnya.

Dalam menjawab tantangan pasca pemindahan ibu kota, Pemprov DKI Jakarta telah menggelar pertemuan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk mendiskusikan rencana tata ruang Jakarta.

Ada pula pertemuan dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia, terkait pemanfaatan aset negara yang ada di Jakarta usai ibu kota pindah ke IKN.

“Kita mengharapkan pertumbuhan pembangunan di IKN Nusantara terus berjalan, sementara keberlanjutan perencanaan pembangunan di DKI Jakarta juga berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Komentar