Wagub DKI Jakarta Minta Warga Ibu Kota Siap Siaga Banjir

JurnalPatroliNews Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengimbau masyarakat ibu kota untuk bersiap menghadapi musim hujan yang mulai terjadi belakangan ini.

Riza meminta warga waspada imbas dari cuaca ekstrem yang terjadi, yakni seperti banjir yang hampir setiap tahun melanda sejumlah wilayah di ibu kota.

“Masyarakat harus siap siaga terutama di daerah-daerah yang setiap tahunnya tergenang oleh air akibat banjir rob kiriman, banjir lokal dan sebagainya,” ujarnya, di Balai Kota DKI, Rabu (8/9).

Di tengah intensitas curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini, Riza meminta jajarannya untuk siaga melakukan berbagai pencegahan terjadinya banjir di sejumlah wilayah yang rawan.

“Prinsipnya kami minta semua jajaran siap siaga,” tandas Riza Patria.

Sebelumnya, BMKG mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk mewaspadai, mengantisipasi dan melakukan aksi mitigasi lebih awal guna menghindari dan mengurangi risiko bencana.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, puncak musim hujan periode 2021/2022 sendiri diprediksi akan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2022.

“Perlu menjadi perhatian bersama, terutama di wilayah-wilayah rawan banjir, tanah longsor, dan tanah bergerak seiring intensitas curah hujan yang akan terus semakin meninggi,” kata Dwikorita.

Komentar