Michael Jordan: Sepatu ‘Merah Putih’ yang Dipakai Dalam Musim Pertama, Terjual Dengan Harga Rekor Sekitar Rp21 Miliar Dalam Lelang

JurnalPatroliNews – Sepatu olahraga yang digunakan oleh bintang sepak bola Amerika Serikat, Michael Jordan, terjual dengan harga rekor US$1,47 juta (sekitar Rp21 miliar) dalam lelang.

Jordan menggunakan sepatu merah putih Nike Air Ships dalam musim pertama pertandingan dengan Chicago Bulls pada 1984.

Tahun itu adalah saat Jordan dan Nike mulai bekerja sama untuk memproduksi kostum dan baju dengan tandatangannya.

Harga jual dalam lelang ini adalah yang tertinggi untuk sepatu dalam olahraga.

Jordan dianggap sebagai pemain terbaik dalam sejarah bola basket.

Bintang olahraga yang menghabiskan sebagian besar karirnya bermain untuk Chicago Bulls, menjadi ikon global dan membantu meningkatkan citra NBA di seluruh dunia.

Michael Jordan yang mengundurkan diri pada 2003, juga menjadi taipan pertama dalam sejarah NBA.

“Hasil penjualan dengan rekor tertinggi untuk sepatu Nike Air Ships memastikan bahwa Michael Jordan dan merek Air Jordan berada di puncak untuk pasaran sepatu kets,” kata Brahm Wachter dari rumah lelang Sotheby setelah lelang pada hari Minggu (24/10) di Las Vegas.

Sepatu dengan tanda tangan Michael Jordan ini dibeli oleh kolektor Nick Fiorella.

Sebelum lelang, sepatu itu diperkirakan akan terjual antara US$1 juta sampai US$1,5 juta.

Namun di luar olahraga, sepatu kets yang paling mahal terjual adalah milik penyanyi rap Kanye West. Sepatunya – Nike Air Yeezy 1 Prototypes – terjual dengan harga US$1,8 juta (Rp25,5 miliar) melalui penjualan biasa pada April lalu.

Rekor harga penjualan sepatu olahraga dipecahkan beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir ini dan pasaran sepatu menarik perhatian pembeli umum dan juga para kolektor.

Komentar