Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Meningkat Pesat Pada Bulan Februari 2024!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat lonjakan signifikan dalam jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada bulan Februari 2024. Menurut data terbaru, sebanyak 1,04 juta wisatawan mancanegara telah memasuki Indonesia pada bulan tersebut, menunjukkan peningkatan sebesar 11,67% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, menjelaskan bahwa peningkatan ini menjadi sorotan setelah terjadi penurunan pada bulan Januari 2024.

“Peningkatan jumlah kunjungan terjadi pada Februari 2024 setelah adanya penurunan jumlah wisman di Januari 2024,” ucap Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin, (1/4/24).

Amalia juga mencatat bahwa peningkatan ini cukup mencolok jika dibandingkan dengan bulan Februari tahun sebelumnya, menunjukkan lonjakan sebesar 38,24% dalam perbandingan year-on-year. Namun demikian, ia juga menekankan bahwa jumlah kunjungan tersebut masih jauh di bawah tingkat sebelum pandemi Covid-19. Pada bulan Februari 2019, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 1,24 juta orang.

Menurut Amalia, peningkatan ini merupakan indikasi positif dari pemulihan sektor pariwisata Indonesia setelah terpukul oleh pandemi. Dia juga menyatakan bahwa secara kumulatif, dari Januari hingga Februari 2024, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 1,96 juta, menunjukkan peningkatan sebesar 26,87% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara itu, Amalia juga mencatat asal negara wisatawan tersebut, dengan Malaysia menjadi penyumbang terbesar dengan 214 ribu kunjungan, diikuti oleh Singapura dengan 112 ribu, Tiongkok dengan 105 ribu, dan Australia dengan 101 ribu orang. Rata-rata, para wisatawan tersebut menghabiskan waktu selama 7,10 malam di Indonesia.

Terdapat perbedaan durasi kunjungan antara wisatawan dari berbagai negara. Wisatawan dari negara-negara ASEAN cenderung tinggal selama 3,57 malam, sementara wisatawan dari Afrika tercatat sebagai yang paling lama tinggal di Indonesia, dengan rata-rata 15,92 malam.

Komentar