Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kerjasama Antar Perguruan Tinggi Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya Dan Universitas Islam Jakarta

JurnalPatroliNews – Perkembangan Pendidikan saat ini di indonesia yang semakin dinamis dan tuntutan akan lulusan berkualitas agar bisa menyesuaikan bidang pekerjaan yang akan ditekuni, maka perguruan tinggi dituntut untuk melakukan inovasi dan strategi dalam memenuhi harapan dunia kerja saat ini. Salah satu strategi dalam pelaksanaan kualitas Pendidikan dan pengajaran maka perguruan tinggi swasta melakukan Kerjasama antar perguruan tinggi demi meningkatkan proses lulusan mahasiswa yang kompeten di bidangnya.

Sesuai dengan permendikbud no. 14 tahun 2014 mengenai Kerjasama antar perguruan tinggi sebagai salah satu untuk dalam meningkatkan kualitas pengajaran, riset dan penelitian secara Bersama-sama, dimana setiap kampus mempunyai strategi dan Teknik yang berbeda – beda dalam pelaksanaannya. Sehingga proses tersebut bisa menjadi sinergi yang saling menguatkan demi melaksanakan tri dharma Pendidikan dan menjadi alternatif pendukung dalam menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni baik dari tenaga Pendidikan dan mahasiswa yang di hasilkan kelak.

Pada tanggal 31 Juli 2023 dua perguruan tinggi swasta di Jakarta yaitu Universitas Islam Jakarta dan Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya melakukan Kerjasama serta MoU dalam peningkatan kualitas Pendidikan yang meliputi Seminar Nasional Bersama, Pelatihan penelitan dan pengabdian Masyarakat , pelatihan penuisan jurnal serta hal-hal lain untuk peningkatan sumber daya manusia yang terlibat dalam proses Pendidikan. Dalam sambutannya Rektor UID Prof. Dr. Ir. Raihan, M.Si sangat mendukung Kerjasama ini demi peningkatan mutu pengajaran, penulisan jurnal dan seminar-seminar nasional sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Pendidikan saat ini , begitu pula Direktur AMANJAYA Kol ( Purn ) Samiyono.,SE.,M.Si berharap Kerjasama ini segera ditindaklanjuti dengan program – program yang konkrit dan dapat dirasakan manfaat dari kedua belah pihak.

Dalam proses pelaksanaan Kerjasama di hadiri para Pimpinan Perguruan tinggi kedua belah pihak meliputi wakil Rektor, Kabag , kaprodi UID and Wakil Direktur, Kaprodi AMANJAYA yang dilanjutkan dengan perencanaan program yang segera akan dilaksanakan sesuai isi dari MoU kedua belah pihak. Dalam penutupannya meliputi penanda tangan, ramah Tamah dan foto bersama kedua belah pihak di Aula Kampus Universitas Islam Jakarta akan ditindaklanjuti dengan bagian perguruan tinggi masing -masing dan terus ditingkatkan ke depan dengan berbagai kondisi dilapangan..

Penulis : Dr. Agung Kwartama.,SE.,MM.,MH.

Komentar