Banjir Rendam Lima Desa di Kabupaten Tanah Bumbu

JurnalPatroliNews – JAKARTA – Banjir merendam lima desa di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, pada Sabtu (14/8), pukul 07.00 WIB. BPBD Kabupaten Tanah Bumbu menginformasikan peristiwa tersebut dipicu hujan berintensitas tinggi. 

Lima desa yang terendam dengan tinggi muka air sekitar 30 – 50 cm yaitu Desa Sinar Bulang, Sungai Danau, Jombang, Satui Timur dan Sejahtera Mulia. Kejadian ini mengakibatkan sebanyak 400 warga mengungsi di beberapa titik dan sekitar 599 KK terdampak banjir tersebut. BPBD melaporkan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini. Selain itu, banjir juga mengakibatkan sekitar 183 hektar lahan milik warga terendam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu telah melakukan upaya penanganan darurat, seperti evakuasi warga ke tempat yang aman. Sejak pagi tadi BPBD setempat masih melakukan pendataan di lapangan terkait dampak banjir. Pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak desa dan kecamatan yang berdampak banjir.

Pantauan peringatan dini cuaca BMKG, wilayah Kalimantan Selatan berpotensi hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir atau kilat dan angin kencang pada hari ini, Sabtu (14/8). Sedangkan analisis inaRISK menunjukkan 10 kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu merupakan wilayah berpotensi banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Salah satu dari 10 kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Satui yang saat ini terdampak banjir.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siaga terhadap potensi hujan dengan intensitas lebat di beberapa wilayah di Indonesia. Pantauan peringatan dini cuaca, sejumlah wilayah berpotensi hujan lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang, seperti wilayah Aceh, Sumatera Barat, Kepulaun Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.

Komentar