Alex Prabu Ingatkan Pemkot Tangsel Potensi Meningkatnya Kemiskinan dan Pengangguran Pasca Lebaran

JurnalPatroliNews – Tangsel,- Ketua Fraksi PSI DPRD Tangsel Alexander Prabu mengingatkan kepada pemerintah Kota Tangsel untuk kembali fokus mengatasi potensi melonjaknya angka kemiskinan dan pengangguran pasca Lebaran 2022. Menurutnya, Tangsel merupakan kota yang diisi oleh pemudik kurang lebih sekitar 40 ribu-an orang, khususnya masyarakat yang bekerja di sektor informal.

“Pekerja sektor informal adalah pekerja yang rentan karena tidak memiliki garansi kalau setelah liburan dia akan mendapatkan pekerjaannya kembali misalnya, atau mungkin pendapatannya bisa berkurang. Dan tidak mengagetkan kalau masyarakat menghabiskan penghasilannya untuk bertemu sanak saudara dan keluarga tercinta di kampung halamannya,” katanya, Rabu (4/5/2022).

Pria yang akrab dipanggil bro Alex ini mengatakan, kondisi masyarakat setelah mudik perlu diperhatikan oleh pemerintah kota. “Pemerintah perlu memperhatikan  “Pemkot perlu mempertimbangkan kondisi sosial ini, sebab potensi lonjakan kemiskinan dan pengangguran dapat datang dari mana saja.” ucap Mantan Kepala Sekolah Santa Ursula ini.

Kemungkinan bertambahnya penduduk juga menjadi sorotan oleh Bro Alex. “Selain itu hal lain yang perlu diperhatikan adalah datangnya pendatang baru, kadang masyarakat pergi mudik dan pulang membawa orang lain yang memiliki motivasi untuk mencari penghidupan disini.” Sambungnya.

Menurut Bro Alex, bertambahnya penduduk dapat berdampak pada tingkat pengangguran.  “Otomatis jumlah angkatan kerja semakin bertambah, dan yang menjadi persoalan apakah lapangan kerja di Tangsel memadai?. Saat ini saja tingkat pengangguran Tangsel sekitar 8,6%, tentu angka ini sangat berpotensi mengalami kenaikkan seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk,” ujarnya

Komentar