Ali Rif’an: Reshuffle Jilid II Upaya Jokowi Perkuat Soliditas Koalisi Pemerintah dan 2024

JurnalPatroliNews – Jakarta – Reshuffle atau pergantian dua menteri Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo merupakan upaya memperkuat soliditas koalisi pemerintahan sekaligus koalisi Pilpres 2024.

Begitu pandangan Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an, saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (16/6), menanggapi reshuffle yang kembali dilakukan Jokowi pada Rabu kemarin (15/6).

“Ini memperkuat soliditas koalisi pendukung pemerintah dengan bergabungnya PAN, dengan masuknya Zulkifli Hasan memperkuat soliditas barisan koalisi. Dan memperkuat barisan koalisi (Pilpres 2024) juga di dalamnya,” papar Ali.

Di samping itu, lulusan magister politik Universitas Indonesia ini juga melihat, keputusan Jokowi menunjuk Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk menduduki kursi Menteri Perdagangan (Mendag) adalah untuk memastikan stabilitas politik.

“Ini bagian upaya memastikan stabilitas politik. Itu kemudian mengapa yang direshuffle tidak ada menteri dari tokoh partai,” jelasnya.

“Jokowi di sisa masa jabatannya ingin bekerja on the track, tidak ada isu-isu liar yang menggelinding dan politik stabil,” demikian Ali.

Komentar