Di Tengah Isu Duet Prabowo Dan Ganjar, Jokowi-Mega Gelar Pertemuan 3 Jam, Ini Kata Pakar

Dengan demikian, sebut Adi, kecenderungan politik Jokowi tersebut perlu dikoordinasikan oleh Megawati. Adi menyebut bagaimanapun juga Jokowi merupakan kader PDIP.

“Dalam konteks itu perlu dikoordinasi karena publik tentu selalu mengait-ngaitkan bagaimana sikap politik Jokowi yang sesungguhnya. Mungkin satu hal yang ingin ditegaskan apapun judulnya ya, terlepas Jokowi itu presiden, bahwa bagi PDIP itu adalah kadernya,” katanya.

Adi juga memprediksi PDIP menginginkan Jokowi memprioritaskan dukungan ke sosok kader internal seperti Puan Maharani. Sebab, Jokowi dianggap tak terlalu tampak menunjukkan dukungannya kepada Puan.

“Sekalipun memberikan kode mendukung ke yang lain tentu dukungan prioritasnya bagi kader PDIP tentu saja. Termasuk mungkin dibicarakan misalnya bagaimana dukungan politik Jokowi terhadap Puan karena Puan adalah kader inti, kader ideologis dan mewarisi trah Soekarno,” katanya.

“Karena kan selama ini Jokowi sangat tidak kelihatan memberikan endorsement atau kode-kode keras mendukung Puan maju pilpres seperti dukungan Jokowi kepada yang lain. Itu panggung belakangnya yang sangat prediktif, tidak bisa ditebak tapi spekulasi itu aja muncul,” imbuh dia.

Diketahui Megawati Soekarnoputri menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta. Megawati dan Jokowi sempat bertemu selama 3 jam.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pertemuan Megawati dan Jokowi berlangsung selama 3 jam. Dalam 3 jam pertemuan itu, Megawati dan Jokowi membahas berbagai hal, termasuk Pemilu 2024.

Komentar