Dinamika Pilpres 2024, Bukan Cuma Anies, Ganjar dan Prabowo, Muncul Capres Keempat. . . ?

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Gerbang tahun politik sudah di depan mata. Pesta demokrasi pemilihan Presiden tahun 2024 mendatang dengungannya mulai terdengar. Sudah ada tiga nama Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI yang sudah ada saat ini. Diantaranya adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Terbaru, santer juga poros keempat yang bisa mencalonkan nama Bacapres di Pemilu 2024 Indonesia. Datangnya juga dari partai-partai kuat yang ada di RI seperti Golkar dan juga PAN. Hal itu seperti yang dikatakan oleh Rektor Universitas Paramadina Didik J. Rachbini.

Didik menyampaikan, ketimbang mengekor dengan partai-partai yang telah mengusung calon presidennya sendiri, seperti PDIP-PPP yang telah mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres, NasDem-Demokrat-PKS mengusung Anies Baswedan, dan Gerindra-PKB mengusung Prabowo Subianto.

Menurut Didik, peta politik yang berkembang saat ini semakin memperuncing potensi bubarnya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), sehingga kedua partai yang pernah bersinar itu berpotensi memperkuat posisi dan elektabilitasnya sendiri.

“Momentum transisi ini sangat berpeluang besar bagi Golkar, dan PAN untuk membuat membuat poros ke-4 demi memperkuat ketahanan partai,” ujar Didik melalui keterangan tertulis, dikutip Minggu (28/5/2023).

Didik menilai, jika dua partai yang masih satbil itu terus mengekor saja hingga 2024, maka tidak akan mendapat tambahan suara, kecuali dapat jatah menteri kemudian hari, itu pun jika presiden yang mereka calonkan menang.

“Ini merupakan peluang untuk berkiprah mengusung pasangan sendiri sehingga bisa membuat peta politik baru menjadi 4 pasangan dan koalisi baru Golkar-PAN cukup untuk mengusungnya,” tuturnya.

Komentar