Formula E & Proyek Mangkrak Batu Sandungan Anies Nyapres 2024, Camkan Baik-baik Pak Gubernur!

JurnalPatroliNews, Jakarta – Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab menyebut langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju pada Pilpres 2024 mendatang bakal menemui sejumlah kendala jika program-programnya yang ia janjikan bagi warga Jakarta tak tuntas ditunaikan.

Fadhli pesimis jika mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu bisa menyelesaikan semua programnya di Ibu Kota, mengingat masa jabatannya menjadi orangsatu di Jakarta segera berakhir pada 2022.

Menurut Fadhli, jika Aniesmewarisi program mangkrak maka, hal itu bakal dimanfaatkan lawan politik padaPilpres nanti, salah satu program yang terancam gagal dieksekusi adalah gelaran Formula E yang direncanakan dihelat pada 2022 mendatang, namun ajang balap mobil listrik itu kini sedang dicekal PDI Perjuangan dan PSI DPRD DKI Jakarta.

Di sisi lain ada program hunian rumah murah meriah Dp nol rupiah yang dijanjikan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah juga dinilai belum teraliasi dengan baik.

“Tentu saja kasus mangkrak zaman Anies akan menjadi senjata untuk menyanderanya,” kata Fadhli dikutip Senin (6/9/2021).

Dia menjelaskan, setelah tidak lagi menjabat Gubernur, lawan akan lebih mudah menyerang kegagalannya ketimbang keberhasilan.

“Contohnya soal Formula E yang banyak menelan anggaran itu,” jelasnya.

Menurutnya, berkaca dari kondisi itu, Anies harus lihai tetap menjaga peluang untuk maju Pilpres 2024.

“Untuk menjaga popularitas dan elektabilitasnya, Anies harus segera menguatkan kaki-kakinya di struktural maupun nonstruktural,” ujarnya.

Selain itu, Anies harus menjaga kekuatan di pemerintahan maupun, nonpemerintahan.

“Bentuk wadah aspirasi berupa relawan atau pun simpatisan. Terus menjalin komunikasi dengan tokoh parpol,” jelasnya.

(wte)

Komentar