Miliki Modal Kuat, Prabowo Tidak Perlu Cawapres Khusus untuk Taklukkan Jawa Barat

JurnalPatroliNews – Jawa Barat – Wilayah Jawa Barat (Jabar) bisa ditaklukkan bakal calon presiden Prabowo Subianto tanpa kriteria cawapres khusus.

Pengamat politik Yusak Farchan mengamati, Ketua Umum Partai Gerindra yang diusung melalui Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu sudah memiliki modal kuat untuk meraup suara di wilayah Jabar.

“Prabowo menang di 21 daerah pada 2019. Basis pendukungnya cukup solid di Jawa Barat,” ujar Yusak kepada rekan media, dikutip Sabtu (16/9).

Dia menjelaskan, kondisi berbeda justru dialami Ganjar Pranowo yang diusung PDI Perjuangan sebagai bakal calon presiden. Dari beberapa nama yang muncul sebagai kandidat cawapres, suara Ganjar dinilai masih sulit terdongkrak di Jabar.

Dekan Fisip Universitas Pamulang Serang itu menilai, Ganjar tak punya basis suara di Jabar, sehingga keputusan capresnya akan ditentukan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Mahfud MD dan Ridwan Kamil sama-sama berpeluang menjadi cawapres Ganjar. Tapi tidak menutup kemungkinan cawapres Ganjar dari luar nama-nama tersebut, tergantung Megawati,” jelasnya.

Maka dari itu, Yusak menyimpulkan soal penentuan Cawapres Ganjar lebih rumit ketimbang Prabowo jika menghitung peluang kemenangan di Jabar.

“Siapa pun pasangan Ganjar, saya kira sulit menggusur Prabowo di Jawa Barat,” tutupnya. 

Komentar