Pemilu 2024: Disdukcapil Buleleng Siap Dukung dan Sukseskan Pemilu

JurnalPatroliNews.co.id – Singaraja,- Untuk kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu Serentak 2024, KPU Buleleng, Bali, terus bergerak menjalin kerjasama dengan semua pihak terkait.

Kali ini KPU Buleleng menjalin kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buleleng.

KPU Kabupaten Buleleng dan Disdukcapil Buleleng secara intens membangun kolaborasi dan sinergi dalam menuntaskan masalah data pemilih Pemilu 2024.

Kolaborasi ini disambut baik dari kedua belah pihak antara Kepala Disdukcapil Made Juartawan dan Putu Arya Suarnata sebagai Ketua Divisi Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Buleleng saat menjadi narasumber Podcast Bincang Kominfo, Selasa (5/12/2023).

Kadis Juartawan menerangkan bahwasannya Disdukcapil siap mendukung penuh dan menyukseskan Pemilu serentak 2024 nanti. Dukungan tersebut telah ditunjukkannya dalam perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) serta memvalidasi kembali data yang ada agar lebih akurat lagi. Sehingga ketidakakuratan data yang terjadi di Pemilu sebelumnya bisa diminimalisir, karena kepemilikan KTP-el merupakan sebagai syarat untuk memilih dalam Pemilu.

Tidak hanya itu, Disdukcapil akan selalu berupaya agar seluruh masyarakat Buleleng dapat merekam data KTP-el dan melakukan program Jebol atau jemput bola mendatangi langsung masyarakat menyasar pemilih pemula dan mendatangi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil atau perbatasan. Selain itu, beberapa data akan kembali disinkronkan salah satunya akte kematian dan validasi NIK.

“Semua secepatnya akan kita clearkan, yang tidak punya akte kematian akan kita terbitkan aktenya. Validasi data juga akan kita maksimalkan, karena sering terjadi NIK tercatat memiliki 2 tempat yang berbeda,” ungkapnya.

Komentar