Pilkada 2024: PDIP Jakarta Usulkan Anies Sebagai Cagub, Ganjar Buka Suara

JurnalPatroliNews – Jakarta –  Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) wilayah Jakarta telah mengajukan beberapa nama calon gubernur kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. Salah satu nama yang mencuri perhatian adalah mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Menanggapi hal ini, Ganjar Pranowo, kader PDIP yang juga menjadi calon presiden dengan nomor urut 03 dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029, memberikan pandangannya.

“Ya semua sebenarnya setiap mau pilkada rekrutmen di PDIP terbuka. Ada disiapkan kader sendiri, ada biasanya yang nonkader juga mendaftar,” kata Ganjar usai salat Iduladha di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (17/6/2024).

Ganjar menekankan bahwa siapapun yang mendaftar di PDIP akan melewati proses seleksi, baik mereka yang berasal dari dalam partai maupun luar partai.

“Itu adalah bagian dari proses yang sedang berlangsung. Jadi kita tunggu saja hasilnya nanti,” ujar Ganjar sebagaimana dilaporkan oleh detik.com.

Mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut juga menegaskan bahwa PDIP selalu terbuka untuk semua pihak. Jika nanti PDIP memutuskan untuk mengusung calon dari luar kader, akan ada beberapa kesepakatan yang harus dicapai dari sisi demokrasi dan ideologi.

“Melihat situasi politik yang semakin kompleks, penting bagi kita untuk mendukung politisi yang konsisten dengan nilai-nilai yang kita pegang,” kata Ganjar.

Mengenai kemungkinan pencalonan Anies, Ganjar menyatakan bahwa masih perlu ada diskusi lebih lanjut. Jika nantinya tidak ada kecocokan antara PDIP dan Anies, maka tidak perlu ada pemaksaan.

Sebelumnya, dilansir detikNews pada Jumat (14/6/2024), Anies menyebut bahwa ia sedang berkomunikasi intens dengan PDIP terkait rencana maju sebagai calon gubernur pada Pilgub Jakarta 2024. Namun, ia menambahkan bahwa belum ada diskusi terkait calon wakil gubernur.

“Kami sangat menghargai kepercayaan yang diberikan. Proses masih berjalan dan kita akan lihat bagaimana perkembangan selanjutnya,” ujar Anies kepada wartawan di Pondok Indah, Jakarta Selatan, pada Jumat (14/6/2024).

Komentar