Rekapitulasi Pemilu 2024 Berhenti Sementara, Ini Penjelasan KPU!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, memastikan, ada penghentian sementara rekapitulasi di tingkat Kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Hasyim Asy’ari, Ketua KPU RI, mengungkapkan hal itu, untuk memastikan akurasi data perolehan suara yang terbaca dalam Sistem Rekapitulasi (Sirekap), sesuai dengan Formulir Model C (catatan penghitungan suara di TPS) hasil, di wilayah masing-masing.

“Tentang ada situasi tingkat kecamatan, bahwa rekapitulasi itu kemudian dihentikan sementara, dalam rangkanya untuk memastikan ini dulu (Sirekap),” ujar Hasyim dalam konferensi pers, di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/2/24).

KPU: 1.223 TPS Salah Data Pilpres 2024 di Sirekap

Hasyim memaparkan, jika di sebuah Kecamatan, tayangan antara formulir C hasil dengan hasil suara di Sirekap telah sinkron, maka Rekapitulasi di tingkat kecamatan itu tetap berjalan. Begitupun sebaliknya, jika belum sinkron, rekapitulasi dari TPS tersebut tidak akan ditayangkan terlebih dulu.

“Sehingga kemudian yang dimaksud dengan dihentikan sementara itu tidak pernah berhenti total, tidak, sembari berjalan bagi yang belum sinkron, atau antara tayangan foto dengan hasil konversi suaranya di dalam Sirekap itu belum kita lanjutkan untuk rekapitulasinya,” paparnya.

Lebih jauh, Hasyim menjelaskan, dalam proses rekapitulasi di tingkat Kecamatan, nantinya anggota PPK akan membuka kotak suara dan mengeluarkan Formulir C Hasil dari TPS.

Hasyim menambahkan, data dalam formulir tersebut, nantinya akan dicocokkan dengan data di Sirekap, apakah telah sesuai atau belum.

“Kalau tayangan dengan yang hasilnya belum sesuai, kan kemudian bisa membingungkan orang,” tambahnya.

“Maka kemudian supaya menghindari problem-problem di lapangan, terutama tingkat kecamatan, maka yang sudah sesuai lanjut pleno, lanjut rekap di kecamatan,” imbuhnya.

Sementara, Idham Holik, Ketua Divisi Teknis KPU RI, menuturkan, untuk Kota Tangerang dan Malinau Utara, saat ini sudah kembali melakukan rekapitulasi. Ia mengatakan, rekapitulasi terus berjalan.

“Hari ini mereka (Kota Tangerang dan Malinau Utara) jalan, hari ini mereka jalan. (Kemarin) mereka fokus pada akurasi dan sinkronisasi data publik sirekap sesuai dengan data autentik foto Formulir C Hasil,” tuturnya.

Komentar