Samuel Bless: Pemekaran Daerah Otonomi Baru Adalah Ruang Pemusnahan Ras Melanesia di Tanah Papua

Jurnalpatrolinews – Kota Sorong : Samuel Bless, salah satu intelektual Maybrat Sorong mengungkapkan pemekaran Propinsi Papua Barat Daya adalah upaya pemerintah Indonesia meyediakan ruang untuk pemusnahan ras melenesia bagi orang asli Papua (OAP) di tanah Papua.

Selain pemusanhan ras Melanesia, pemekaran adalah upaya pemerintah Indonesia untuk meyediakan lahan bagi imigran dari luar Papua hidup beranak cucu dan menguasi ruang hidup rakyat OAP dan terjadi kawin campur yang ikut mempercepat pemusnahan ras Melanesia.

“Pemekaran itu sediakan lahan untuk imigran nasional. Datang kuasi ruang hidup masyarakat. Upaya pemusnahan bagi ras Melanesia di Papua karena terjadi kawin campur dan masalah lainnya seperti melalui miras, dan lain-nya,” jelas Bless, pekan lalu.

Selanjutnya, Bless juga menyesali sikap elit politik Papua yang hanya memikirkan diri sendiri. Elit politik Papua harus terbuka, karena mereka adalah komponen di pemerintahan yang membuka ruang bagi rakyat untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah pusat di Jakarta.

Ia menegaskan kepada para elit politk Papua untuk mengambil keputusan berdasarkan suara terbanyak dari mayoritas di kampung, dusun, dan para pejuang di hutan serta yang di internasional.

“Elit politik Papua berada pada posisi untuk mendapatkan keuntungan dari penjajah. Mereka memikirkan kepentingan diri sendiri akhirnya menjual harga diri. Padahal mereka adalah kompenen yang harusnya terbuka kepada masyarakat untuk membuka ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah pusat,” tutur Bless.

Ia juga menyatakan pemekaran adalah upaya pemerintah pusat untuk mengadu domba dan memecah belah persatuan OAP, sehingga masyarakat jangan mudah terpengaruh oleh para elit politik Papua dan Jakarta dengan kepentingan jangka pendeknya.

Sementara itu Paul Kareth, mahasiswa Universitas Muhamamdiah Sorong (UMS) menilai, pemekaran adalah upaya pemerintah bersama penguasa menghancurkan hutan Papua yang tersisah. Ketika alam Papua dihancurkan dengan sendirinya manusia Papua pun musnah.

“Pemekaran adalah bagian dari penghancuran hutan Papua yang tersisah. Alam Papua hancur maka dengan sendirinya manusia asli Papua ikut hancur dan musnah di atas tanahnya,” kata Kareth.  (suara papua)

Komentar