Survei Populi Center, Prabowo Subianto Tokoh Nasional Paling Populer Kalahkan Megawati Soekarnoputri

JurnalPatroliNews – Jakarta – Sosok bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling populer dalam survei yang dirilis oleh Lembaga Populi Center.

Survei tersebut terkait tingkat popularitas dan elektabilitas tokoh nasional.

Selain Prabowo, ada 14 tokoh nasional yang namanya dijejerkan untuk mengetahui tingkat popularitasnya.

Mereka ialah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep.

Kemudian, Mahfud MD, Surya Paloh, Agus Harimurti Yudhoyono, Muhaimin Iskandar, Zulkifli Hasan, Airlangga Hartarto, Asjad Rasjid, dan Rosan Roelani.

Prabowo menduduki posisi pertama lantaran dipilih 97,8 persen responden.

Ia mampu mengalahkan Megawati yang dianggap populer oleh 97 persen.

Anies Baswedan 8,4 persen, urutan keempat Ganjar Pranowo 88,8 persen, urutan kelima Gibran Rakabuming Raka 84,8 persen, urutan keenam Kaesang Pangarep 75,6 persen, dan Mahfud MD 70,6 persen,” kata Peneliti Populi Center Hartanto Rosajati dalam paparannya yang dikutip Suara.com, Jumat (10/11/2023).

Sementara tokoh lainnya seperti Surya Paloh, Muhaimin Iskandar, hingga Arsjad Rasjid mendapat persentase di bawah 70 persen.

Hartanto mengungkap Prabowo menjadi tokoh yang paling disukai publik usai berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka sebagai capres-cawapres di Pilpres 2024.

Gibran dianggap mempengaruhi elektabilitas Prabowo.

Sebabnya, sebanyak 89,7 persen responden menilai sosok cawapres menjadi salah satu indikator dalam menentukan pilihan politik mereka.

Sebanyak 8 persen merasa tidak penting dan 2 persen menolak untuk menjawab.

Kondisi serupa terlihat pada survei untuk mencari tahu tingkat kesukaan responden terhadap para tokoh nasional. Survei dilakukan dengan menggunakan skala 1-10 (1 sangat tidak suka, 10 sangat suka).

Hasilnya, Prabowo menjadi tokoh yang paling disukai dengan persentase 80,4 persen. Mahfud MD berada di posisi dua dengan perolehan 77,8 persen.

Lalu ada nama Ganjar Pranowo 73,8 persen, Gibran Rakabuming Raka 72,8 persen, di urutan kelima Anies Baswedan 69,9 persen, Muhaimin Iskandar 69,0 persen, dan Kaesang Pangarep 67 persen.

Komentar