Terkait Bursa Calon Menkeu Prabowo, Ini Kata Erick Thohir!

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Bursa Calon Menteri Keuangan (MenKeu) Prabowo Subianto, Calon Presiden (Capres), jika nanti resmi menang Pilpres 2024 versi real count KPU, ramai diperbincangkan public. Hal itu, ikut dikomentari Erick Thohir, Menteri BUMN.

Erick menyebut, ada empat nama Calon Menkeu dari kalangan banker, yang salah satu di antaranya kebetulan Kartiko Wirjoatmodjo, Wakil Menteri (Wamen) BUMN. Namun, Ia enggan memberikan penilaian, siapa yang terbaik dari keempatnya.

“Empat-empatnya bagus. Tapi, saya bukan posisinya untuk menilai itu (siapa dari keempat calon tersebut yang lebih pantas). Pasti ada otoritas yang lebih mengerti,” ujar Erick, Minggu (3/3/24).

“Saya enggak tahu, mesti tanya pemerintahan ke depan. Kayaknya calonnya ada 4 deh, Pak Budi menkes (Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin), Pak Tiko (Wamen BUMN Kartiko), Pak Mahendra (Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar), Pak Royke (Direktur Utama BNI Royke Tumilaar). Ya, figur-figur yang sangat bagus menurut saya,” lanjutnya.

Bahkan, beberapa waktu lalu, Bloomberg pernah melaporkan, bahwa Prabowo sedang mempertimbangkan empat bankir menjadi menteri keuangan. Namun demikian, tidak ada nama Sri Mulyani yang sekarang ini menjabat Menkeu.

Berikut 4 Bankir yang dipertimbangkan Prabowo untuk menjadi Menkeu :

1.Budi Gunadi Sadikin (BGS)

Ia pernah bergabung dengan PT Bank Bali Tbk pada awal karier Profesionalnya. kemudian, Budi pernah menjabat sebagai director of consumer and commercial banking untuk ABN AMRO Bank Indonesia & Malaysia dan sempat bergabung dengan PT Bank Danamon Tbk serta Adira Quantum Multi Finance.

Budi juga pernah menjadi direktur micro and retail banking Mandiri. Usai menyelesaikan jabatannya di bank pelat merah tersebut, Budi didapuk sebagai senior advisor menteri BUMN periode 2016-2017. Karirnya menanjak saat menjadi direktur utama Bank Mandiri.

2.Kartiko Wirjoatmodjo, Wakil Menteri BUMN

Tiko pernah menjabat sebagai direktur utama Mandiri sejak 2015. Ia mengawali karir masuk ke Mandiri pada 2003 sebagai kepala departemen analisis strategi dan keuangan. Sejak saat itu, posisinya makin berkilau.

3.Mahendra Siregar, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Mahendra adalah sosok seorang ekonom, yang juga sempat menjabat sebagai wakil Menteri Luar Negeri 2019-2022. Lalu Ia menjabat sebagai Makil Menteri Perdagangan 2009-2011, dan menjadi Wakil Menteri Keuangan 2011-2013.

Selain itu, Mahendra pernah bertugas sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) 2013-2014. Setelah itu, ia didapuk sebagai duta besar untuk Amerika Serikat di Washington DC pada 2019 lalu.

4.Royke Tumilaar Keempat, Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI)

Sebelum di BNI, Royke pernah memegang berbagai jabatan struktural di Bank Mandiri.

Komentar