TNI Gagalkan Upaya KKB Serang Bandara Di Intan Jaya Papua

Jurnalpatrolinews – Jayapura : Pasukan TNI kembali menggagalkan aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang diduga akan menyerang Bandara Bilorai Sugapa, Intan Jaya, Papua pada hari Rabu, 7 Oktober 2020.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan, kejadian itu bermula ketika para Prajurit TNI dari Yonif Raider 400/BR sedang melaksanakan patroli pengamanan di sekitar wilayah Bandara Bilorai.

Sekitar pukul 08.22 WIT, patroli melihat dua orang mencurigakan bergerak mengendap-endap keluar masuk semak-semak di sekitar Bandara. Diduga kedua orang tersebut merupakan bagian dari kelompok KKB yang sedang persiapan untuk menyerang bandara Bilorai.

Prajurit TNI yang melaksanakan patroli langsung siaga dan terus mengintai sambil melaporkan ke komando atas. Setelah melihat secara jelas kedua orang tersebut keluar dari semak-semak dengan menenteng senjata laras panjang, prajurit TNI yang berpatroli memberikan tembakan peringatan ke udara.

Setelah itu kedua terduga kelompok KKB tersebut kemudian melarikan diri menjauh dari aparat ke dalam hutan.

Hingga saat ini pasukan TNI terus melakukan pengamanan di daerah sekitar bandara untuk mencegah gangguan kelompok KKB tersebut. Menurutnya, TNI masih berjaga dan situasi di bandara sudah kembali kondusif sampai sore ini.

Kejadian hari ini membuktikan KKB terus menerus membuat kekacauan dengan berusaha menyerang objek vital masyarakat umum, seperti bandara untuk mengganggu keamanan dan kedamaian masyarakat Papua. Menurutnya, hal itu dilakukan KKB dalam rangka mencari perhatian nasional dan dunia serta berusaha untuk menjadikannya bahan berita bohong memfitnah aparat keamanan yang ada di Papua.

Beberapa hari terakhir KKB semakin beringas melakukan aksi penyerangan ke berbagai sasaran termasuk bandar udara. Ancaman yang khusus ditujukan ke transportasi udara disampaikan oleh anggota KKB bernama Sebby Sambom pada hari Sabtu, 19 September 2020.  (kitorangpapua)

Komentar