Bakamla RI – ABF Lakukan Pertemuan Tingkat Tinggi Keempat Kalinya

JurnalPatroliNews – Memperkuat hubungan antar negara melalu kerja sama di bidang keamanan dan keselamatan laut, Bakamla RI (Indonesia Coast Guard) dan Australia Border Force (ABF) melaksanakan 4th Senior Officials Meeting (SOM). Kegiatan ini merupakan pertemuan tingkat tinggi yang dihadiri pucuk pimpinan dari kedua instansi.

Pertemuan yang telah diselenggarakan keempat kalinya ini, secara khusus membahas rencana kerja sama operasi, pembangunan kapabilitas dan pelatihan personel, pertukaran informasi, serta kerja sama lainnya yang dapat dilakukan di tahun 2022.

Diawali dengan sambutan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, S.Sos., M.M. yang menyampaikan hasil dari kerja sama dalam satu tahun ini. Salah satunya, keberhasilan dalam penyelenggaraan kegiatan Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) pada 15 Juni silam yang turut mengundang 35 delegasi manca negara secara hybrid (daring dan luring). MSDE juga merupakan bagian dari implementasi capaian dalam forum Head of Asian Coast Guard Agency Meeting (HACGAM) dan Indian Ocean Rim Association (IORA).

Selain itu, Operasi Gannet Ke-5 juga terlaksana dengan sukses, yang turut didukung pula oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sebagian besar kegiatan di tahun ini masih terkendala Pandemi Covid-19, namun Bakamla RI dan ABF berusaha mencari jalan keluar terbaik agar kegiatan yang telah direncanakan dapat terealisasi.

“Meskipun kita telah memiliki daftar pencapaian yang luar biasa, namun saya yakin bahwa masih ada daftar yang lebih panjang yang dapat kita capai dengan terus meningkatkan kerja sama ini, khususnya untuk menjaga keamanan dan keselamatan maritim di kedua negara di masa yang akan datang”, ujar Laksdya TNI Aan Kurnia.

Komentar