Bakamla RI Perkuat Kerja Sama Dengan Singapore Police Coast Guard

JurnalPatroliNews – Singapura – Dalam agenda lawatannya ke Singapura, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia turut melakukan Pertemuan Tingkat Tinggi dengan Komandan Singapore Police Coast Guard (SPCG) SAC Cheang Keng Keong. Pertemuan ini berlangsung di Markas SPCG, Singapura, Senin (31/7/2023)

Dalam kesempatan ini, kedua pucuk pimpinan instansi sepakat untuk saling mendukung giat pengamanan laut. Tidak hanya di wilayah perairan masing-masing negara, namun juga tindak pengamanan di area perairan perbatasan.

Hal ini sebagai respon atas peningkatan tren tindak pelanggaran di laut yang semakin beragam, dan mayoritas tindak pelanggaran yang terjadi di Indonesia dan Singapura memiliki kesamaan. Oleh karena itu, kolaborasi erat dan berkesinambungan sangat perlu dijalin antara Bakamla RI dengan SPCG. 

Selain itu, kedua instansi coast guard ini juga sepakat untuk terus melakukan kerja sama di ranah peningkatan kapasitas personel, dan pertukaran informasi. Tidak menutup kemungkinan, kegiatan muhibah kapal juga akan dilakukan dalam waktu dekat ini. 

Komentar