Dankormar Hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT Ke- 43 ASEAN Di Monas

JurnalPatroliNews – Jakarta – TNI-AL, Dispen Kormar Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han), Menghadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN yang dipimpin oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di Silang Monas, Jakarta Pusat, Jum’at (01/09/2023).

Apel gelar pasukan merupakan rangkaian akhir dari kesiapan pengamanan KTT Ke-43 ASEAN, yakni TNI mengerahkan Komando Tugas Gabungan Pengamanan (Kogasgab PAM) sebanyak 13.158 personel pengamanan gabungan, sedangkan Polri mengerahkan sebanyak 6.182 personel dalam Operasi Tri Brata Jaya 2023.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono selaku inspektur upacara pada Apel Gelar Pasukan tersebut mengatakan, gelar pasukan ini sebagai wujud komitmen pasukan keamanan Indonesia dalam mengamankan pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta. Dan juga mennyampaikan kepada personel TNI untuk menjaga soliditas dan sinergitas dengan Polri dan petugas keamanan lainnya, dengan mengesampingkan ego sektoral, dan memperkuat komunikasi serta koordinasi.

Panglima TNI menekankan, perhelatan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta berbeda dengan KTT ASEAN di Labuan Bajo, NTT. Karena dihadiri tidak hanya pimpinan negara ASEAN tapi pimpinan negara-negara mitra ASEAN. TNI dan Polri telah berhasil menunjukkan kapasitasnya dalam pengamanan KTT G-20 di Bali tahun 2022 dan KTT ASEAN di Labuan Bajo, NTT.

Komentar