Danrem 174/ATW Dampingi Danpussenif Kunjungi Pos Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Selatan

JurnalPatroliNews – Danrem 174/ATW Brigjen TNI E. Reza Pahlevi selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) Korem 174/ATW Merauke mendampingi Danpussenif Letjen TNI Arif Rahman, M.A dan rombongan mengunjungi Pos-Pos Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Sektor Selatan dalam rangka melaksanakan Pengendalian dan Pengawasan Operasi (Dalwas Ops) Dalam Negeri.

Dalam kunjungannya tersebut, Letjen TNI Arif Rahman selaku Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif) beserta rombongan mengunjungi Pos Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY di Pos Samleber, Pos Kotis Sota dilanjutkan peninjauan Patok Batas Monumen Meridian 13 (MM 13) serta Pos Pamtas RI-PNG Yanggandur yang diawaki oleh Personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/Dibyatara Yodha. Saat berada di perbatasan RI-PNG, Letjen TNI Arif Rahman bertemu dan berbincang langsung dengan masyarakat PNG dan anggota Angkatan Bersenjata PNG.

Pada setiap kunjungannya di Pos Satgas Pamtas RI-PNG, Letjen TNI Arif Rahman menyampaikan bahwa penugasan adalah suatu kehormatan bagi setiap Prajurit TNI. Dalam pelaksanaan tugas operasi para Danpos mempunyai peran penting dalam mengendalikan dan mengontrol kegiatan para anggota, karena para Danposlah yang selalu ada bersama anggota.

Usai pengarahan di setiap Pos Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY, Letjen TNI Arif Rahman menyerahkan tali asih kepada anggota pos sebagai wujud kepedulian pimpinan terhadap anggota.

Danpussenif mengatakan bahwa tugas di Papua adalah tugas yang berada dalam situasi yang khusus, jangan membuat pelanggaran, dimana ada kejadian yang melibatkan Prajurit TNI akan menjadi sorotan dunia Internasional dengan isu-isu yang terkadang dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang anti TNI maupun anti NKRI.

Dalam daerah operasi/penugasan jangan beranggapan daerah operasi adalah daerah yang aman, walaupun situasi di daerah operasi aman dan landai jangan sampai lengah yang dapat berakibat fatal dan kerugian bagi pihak sendiri. “Laksanakan Komsos dan Pembinaan Teritorial yang baik dengan masyarakat guna mendukung pelaksanaan tugas dan jaga kesehatan selama melaksanakan tugas,” pesannya.

Sebelum meninggalkan Pos Kotis Satgas Pamtas RI-PNG, Danpussenif Letjen TNI Arif Rahman menanam pohon kenangan jenis mangga harum manis di area halaman Pos Kotis.

Selama kunjungan di Pos Satgas Pamtas RI-PNG, rombongan Danpussenif didampingi oleh para Kasi Korem 174/ATW, Dandim 1707/Merauke dan Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P, M.I.P.

Komentar