Danrem 174 Merauke Terima Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua

JurnalPatroliNews – Merauke,– Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko menerima kunjungan kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Papua beserta rombongan yang dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Papua Anthonius Ayorbaba, S.H., M.Si., bertempat di Makorem 174/ATW Merauke,  Jalan Poros Semangga-Tanah, Distrik Tanah Miring, Kab. Merauke, Papua, Selasa (18/5/2021).

Dalam sambutannya Kepala Kanwil Kemenkumham Papua Anthonius Mathius mengucapkan terima kasih atas sambutannya pada kunjunganya di Makorem 174 Merauke, yang terletak di Papua bagian selatan juga berbatasan langsung antara RI-PNG.

Menurut Kepala Kanwil Kemenkumham, ini merupakan wilayah yang paling maju, baik itu dari segi infrastruktur maupun keamanannya, ini sebagai bukti adanya  unsur pengamanan dan sinergitas yang baik antara TNI dan Polri serta unsur terkait lainnya. “Kita akan selalu berkomitmen untuk membangun sinergitas dengan semua pihak dalam mendukung pelaksanaan tugas kita kedepan,” ungkapnya.

“Untuk itu kita dari Kemenkumham membangun sinergitas dengan unsur TNI dalam tugas-tugas pelaksanaan pengamanan perbatasan, sehingga ada backup dari unsur TNI kepada aparat imigrasi di pos-pos perbatasan yang ada di Papua khususnya yang ada di perbatasan RI-PNG,” ujarnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham juga menyampaikan bahwa di Merauke ada 7 Pos Lintas Batas yang menjadi tugas dan tanggungjawab instansi keimigrasiàn Kabupaten Merauke yang selama ini sudah berjalan dengan baik. “Tentunya ini tidak terlepas dari peran dan kerja sama aparat TNI- Polri serta semua pihak terkait,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Danrem Merauke Brigjen TNI  Bangun Nawoko mengucapkan selamat datang kepada Kepala Kanwil Kemenkumham Papua beserta rombongan di Korem 174/ATW Merauke dan terima kasih  sudah berkenan berkunjung di Makorem. “Saya mengapresiasi dan menghormati Kemenkumham dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, yang mungkin lebih berat dari saya,” ucapnya.

“Saya berharap dapat menjalin sinergitas dengan Kemenkumham khususnya  dari unsur imigrasi guna mendukung pelaksanaan tugas untuk unsur TNI yang bertugas di perbatasan dan memberikan pemahaman mengenai hukum atau aturan di perbatasan antar negara,” kata Danrem.

Usai acara tatap muka, Danrem beserta rombongan Kepala Kanwil Kemenkumham Papua dilaksanakan penyerahan Plakat dan Foto bersama. Hadir dalam kegiatan tersebut Kasrem 174/ATW, para Kasi Korem, Dandim 1707/Merauke dan para Perwira Balakdisjan jajaran Korem 174/ATW Merauke. Selama kegiatan berlangsung, tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

(***/Bn)

Komentar