Diplomasi Militer Panglima TNI ke Thailand Usung Tema Stabilitas dan Kesejahteraan Kawasan

JurnalPatroliNews – Thailand – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bertemu Panglima Angkatan Bersenjata Thailand Jenderal Chalermphon Srisawasdi dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja di Thailand, Jumat, (21/7/2023).

Kunjungan kerja yang dilakukan oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono selain untuk memenuhi undangan  Panglima Angkatan Bersenjata Thailand juga merupakan Introductory visit yang merupakan bagian dari diplomasi militer.

Introductory Visit adalah kunjungan perkenalan yang bertujuan untuk saling memperkenalkan diri dan menjalin komunikasi yang lebih baik diantara dua pihak yang dalam hal ini adalah militer dari kedua negara yaitu Indonesia dan Thailand. Kegiatan ini sangat penting dan diperlukan terutama dalam keberlangsungan hubungan militer antar negara yang harmonis dan sinergis.

Setibanya di Thailand, Panglima TNI beserta rombongan diterima dalam suatu upacara Jajar Kehormatan dan disambut langsung oleh Panglima Angkatan Bersenjata beserta staffnya. Rombongan kemudian menuju tempat yang telah disiapkan untuk berlangsungnya pertemuan antara dua pejabat tinggi militer Indonesia dan Thailand.

Dalam pertemuan yang penuh dengan keakraban, Panglima TNI membahas berbagai isu terkait situasi yang sedang berkembang saat ini dan yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan kejasama militer diantara dua pihak yang selama ini sudah berjalan dengan sangat baik. Beberapa poin pembicaraan di antaranya peningkatan kerja sama militer antara TNI dan Royal Thailand Armed Forces (RTAF) dalam berbagai bentuk kerja sama seperti intelijen, operasi dan latihan serta pendidikan. 

Komentar