Genjot Vaksin di Denzipur dan RST Ambon Capai Ratusan Dosis

JurnalPatroliNews – Maluku,- Rumah sakit tingkat II Prof. Dr. J.A. Latumetten Kota Ambon dan Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) 5/ CMG menggelar vaksinasi dosis I, dosis II dan dosis III, vaksin untuk prajurit, Persit,  anak usia 6-11 tahun serta masyarakat umum, Selasa (08/02/2022).

Sebanyak 31 dosis vaksin I, 145 dosis vaksin II dan 170 dosis vaksin III diberikan dengan jenis vaksin Sinovac, Astra Zeneca , Pfizer dan Moderna.

Vaksinasi ini bertujuan untuk merangsang kekebalan tubuh, mengurangi resiko penularan Covid-19, mengurangi dampak berat dari virus. Semakin banyak individu yang melakukan vaksin di sebuah daerah  maka Herd Immunity akan tercapai, sehingga meminimalisir risiko paparan dan mutasi  virus Covid-19, diharapkan masyarakat akan mendapatkan kesadaran bersama tentang penting nya melakukan vaksinasi di tengah pandemi covid saat ini.

Hari ini sebanyak 345 orang yang terdiri dari masyarakat umum, anak- anak,  TNI dan Persit telah mendapatkan vaksin. Upaya ini akan terus dilakukan oleh Kodam XVI/Pattimura bersama Stakeholder terkait untuk  menggenjot angka masyarakat yang divaksin baik dosis I, dosis II, dosis III serta vaksin untuk anak- anak, sehingga terbentuk herd immunity yang semakin mantap di kalangan keluarga dan masyarakat.

Untuk diketahui capaian vaksinasi  per tanggal 8 Pebruari 2022 di provinsi Maluku saat ini mencapai 68,83 % vaksin 1 dan 38,48% vaksin 2, sementara di Maluku Utara 75,03 % vaksin 1 dan   39,04% vaksin 2. Prosentase ini, khususnya capaian  vaksin 2 masih tergolong rendah bila dibanding dengan provinsi lain di Indonesia. Disisi lain, saat ini Kota Ambon masuk zona merah dengan kasus harian terkonfirmasi positif per tanggal 7 Pebruari mencapai 97 orang.

Komentar